Denpasar Kembali Gelar Pemilihan Pelajar Plopor Keselamatan Lalu Lintas  

Ket Foto : Foto Bersama Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara bersama  kadis  Perhubungan Ketut Sariawan Beserta TIM Panitia Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan dan ketertiban Lalu Lintas Angkutan Jalan seusai beraudensi di kantor Walikota Denpasar pada selasa (6/8)

Balinetizen.com, Denpasar

Dinas Perhubungan Kota Denpasar kembali gelar pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Ketertiban Lalu Lintas Angkutan Jalan yang ke enam kalinya. Acara yang  akan di laksanakan di  Gedung Sewaka Dharma  pada tanggal 7-8 Agustus diuangkapkan Kadis Perhubungan Kota Denpasar, Ketut Sariawan saat memaparkan kegiatan tersebut dengan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara  di kantor Walikota Denpasar pada (6/8). Dalam kesempatan tersebut turut hadir dari Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Polresta Denpasar, BNN, beserta OPD terkait.

Kadis Perhubungan Kota Denpasar Ketut Sariawan mengatakan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Ketertiban Lalu Lintas Angkutan Jalan rutin dilaksanakan. Pelajar yang berhasil dinobatkan sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas Kota Denpasar akan diikutsertakan dalam pemilihan serupa  di tingkat Provinsi dan Nasional. Dijelaskan bahwa pada Tahun 2018, Pelajar Pelopor Kota Denpasar berhasil meraih juara III tingkat Nasional,  tahun 2017 meraih  juara II tingkat Nasional yang diwakili SMA 4 Denpasar. Sementara terkait dengan kriteria  penilaian meliputi  pengetahuan Bahasa Inggris, sikap mental dan  etika ilmu  kepemimpinan serta karya tulis.

Tim penilai dalam kegiatan ini melibatakan dinas Perhubungan provinsi Bali, Polresta Denpasar, BNN, Kesbangpol, Dikpora dan Kisara yang melibatkan sebanyak 20 sekolah SMA/SMK di kota Denpasar.  Untuk katagori lomba akan dipilih enam pemenang  juara I mendapatkan lima Juta Rupiah, Juara II mendapatkan 4  Juta Rupaiah, Juara III mendapatkan 3 Juta Rupiah, Juara harapan I mendapatkan 2,5 Juta Rupiah, Juara Harapan II mendapatkan 2 Juta Rupiah, Juara Harapan III mendapatkan 1,5 Juta Rupiah. “Saya berharap kedepanya dari arahan pak wali dari pemuda pelopor keselamatan mampu menjadi agen perubahan,  merubah prilaku pengguan jalan di kota Denpasar melalui pelajar  sebagai generasi penerus mensosialisasikan ke sekolah- sekolah tentang tertib lalu lintas. Paling tidak sepuluh besarnya kita jadikan komunitas Pelajar Peduli Lalulintas untuk semua paling tidak sepuluh besarnya kita rekrut menjadi anggota Komunitas Peduli lalulintas”Ujarnya.

Baca Juga :
Fix! Dokumen RZWP3K Provinsi Bali Bancakan Proyek

Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara sangat mengapresiasi kegiatan ini serta mengharapkan  kepada Dinas Perhubungan untuk dapat melakukan koordinasi dan komunikasi kepada sekolah-sekolah dalam mewujudkan keselamatan berlalu lintas. Ajang ini tidak hanya mencari juara, tetapi dapat merangkul  anak-anak muda dalam mewujudkan keselamatan bersama berlalu lintas serta mampu dijadikan mitra bagi Dinas Perhubungan. Disamping itu harapan Sekda Rai Iswara komunitas anak muda pelopor keselamatan berlalu lintas ini dapat di fasilitasi dan dilibatkan dalam Pameran Karya Tulis membatu pemerintah dalam menjadi tim kreatif Dinas Perhubungan. “Saya berharap dengan adanya acara ini banyak menumbuhkan kreatifitas anak muda pelajar di Kota Denpasar”Ungkapnya.

Ni Kadek Ayu Sri Undari, saya kelas 12 di SMAN 4 Denpasar  Saya Berterima Kasi Pada Walikota Denpasar dan Dinas Perhubungan sudah support nya sampai saya berhasil mendapat juara 3 dalam peningkatan kapasitas pelajar peduli kesalamatan lalu lintas yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan RI sebagai delegasi dari Bali yang sebelumnya berhasil menduduki juara di tingkat kota dan provinsi. Saya berharap inovasi karya saya ini dapat kiranya dikembangkan dan diterapkan di Bali. Sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masayarakat, khususnya dalam hal peningkatan keselamatan berlalu lintas. “Kompetisi pelajar pelopor tidak hanya menjadi sebuah kompetisi semata dalam memperebutkan gelar juara, melainkan dapat menjadi sebuah wadah bagi pelajar dalam mendedikasikan diri menciptakan keselamatan lalu lintas melalui inovasi yang kreatif dan gebrakan yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat”Ujarnya. (gushumasdps)

Editor : Hana Sutiawati

Leave a Comment

Your email address will not be published.