Semesta Berencana Bali Resik, Ratusan Kilogram Sampah Terkumpul

Keterangan foto: Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Kabupaten Jembrana dipusatkan di Pura Segara Pantai Pengambengan, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jumat (9/8)/MB

(Balinetizen.com) Jembrana –

Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Kabupaten Jembrana dipusatkan di Pura Segara Pantai Pengambengan, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jumat (9/8).

Gerakan yang digelar serentak dengan melibatkan bendesa, masyarakat, pelajar, pegawai BUMD, ASN, TNI/Polri, dan kelompok peduli lingkungan menyasar 5 lokasi yakni, di Jembatan Perbatasan Desa Medewi dan Desa Pulukan (Kecamatan Pekutatan), Pantai Tembles, Desa Penyaringan (Kecamatan Mendoyo), Sungai Ijo Gading Jembatan belly, kel. Loloan Timur (Kecamatan Jembrana) dan Pura Segara Pantai Pengambengan (Kecamatan Negara), serta di Teluk Gilimanuk Kelurahan Gilimanuk (Kecamatan Melaya).

Disela-sela kegiatan gotong royong itu, nampak hadir Bupati Jembrana I Putu Artha beserta Ibu Ari Sugianti Artha, Sekda I Made Sudiada, serta para pimpinan OPD Pemkab Jembrana yang juga bersama-sama ikut berbaur ditengah-tengah kesibukan warga bergotong royong.

Ketua Panitia I Wayan Sudiarta mengaku kalau, Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Jembrana akan terus digelar secara rutin setiap bulan. “Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dan implementasi dari Pergub Bali No. 97 Tahun 2018 tentang mengurangi sampah plastik yang ada diseluruh Bali. Khusus di Kabupaten Jembrana, kegiatan ini dilaksanakan serentak di 5 lokasi, di antaranya di Jembatan Perbatasan Desa Medewi dan Desa Pulukan (Kecamatan Pekutatan), pantai tembles, Desa Penyaringan (Kecamatan Mendoyo), Sungai Ijo Gading Jembatan belly, kel. Loloan Timur dan Pura Segara Pantai Pengambengan (Kecamatan Jembrana dengan Kecamatan Negara), serta di Teluk Gilimanuk Kelurahan Gilimanuk (Kecamatan Melaya)”, ujarnya.

Sudiarta yang notabene Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana, juga menegaskan selama kegiatan ini berlangsung sampah-sampah yang bisa terkumpul sebanyak 643,5 kg. “Setelah sampah-sampah yang terdiri dari limbah plastik itu, nanti kita angkut dengan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) yang ada di Dusun Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara.

Baca Juga :
Perlancar Distribusi Logistik, Kemenhub Kolaborasi Dengan BRI Integrasikan Aplikasi Sitolaut Dengan Layanan Perbankan Digital

Sumber: Humas Pemkab Jembrana

Leave a Comment

Your email address will not be published.