Tim Dokter Berhasil Pisahkan Bayu Kembar Siam Setelah Lima Jam Operasi

Ibu bayi kembar siam dempet dada dan perut (thoracoabdomino phagus) asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Aqila dan Azila menerima penjelasan tim dokter saat operasi pemisahan di RSUD Dr Soetomo, Rabu (14/8/2019). (Foto Willy Irawan)

Balinetizen.com, Surabaya

Tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya berhasil memisahkan bayi kembar siam dempet dada dan perut (thoracoabdomino phagus) asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Aqila dan Azila selama lima jam operasi.

Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo dr Agus Harianto di Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT), Rabu, mengatakan operasi separasi pemisahan Aqila dan Azila berjalan lancar.

“Alhamdulillah, Aqila dan Azila berhasil dipisahkan. Semuanya lancar dan tadi pukul 11.55 WIB berhasil dipisah,” ujarnya.

Ia mengemukakan, saat ini kedua bayi sudah dibawa ke kamar masing-masing untuk menjalani operasi rekonstruksi.

Wakil Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo dr Poerwadi menjelaskan, sebelumnya tim dokter berhasil melakukan operasi pemisahan liver pada pukul 10.40 WIB.

Bayi dengan penanda warna hijau yakni Aqila, kata dia, mengalami hernia umbilica atau tali pusar bolong dan ususnya masuk ke dalam sehingga saat operasi tali pusar diberikan ke bayi hijau, sementara bayi kuning Azila akan dibuatkan tali pusar.

“Alhamdulilah, jam 10.40 tadi liver dan dinding perut Aqila dan Azila berhasil kami pisahkan, tetapi bayi hijau ada hernia umblicia nanti kami perbaiki sedangkan bayi kuning kami kasih pusar-pusar buatan,” ucapnya.

Ia mengemukakan, kondisi Aqila dan Azila saat pembedahan stabil dan pendarahan selama operasi minim hanya sekitar 10 cc.

Poewardi sempat mengkhawatirkan mengenai selaput jantung yang dapat mempengaruhi berjalannya operasi.

“Sebab apabila selaput jantungnya Aqila dan Azila terpisah operasinya akan berjalan dengan mudah dan cepat. Namun jika selaputnya tidak terpisah maka salah satu jantung artinya akan bolong,” katanya. (Antara)

Baca Juga :
Kebakaran Warung Banyuwangi di Denpasar : 'Lahap' 6 Unit Ruko

Leave a Comment

Your email address will not be published.