Diawali Jalan Santai, Jembrana Festival Dibuka Bupati Artha

Bupati Jembrana I Putu Artha, Kamis (15/8) membuka secara resmi Jembrana Festival di Gedung Kesenian DR. IR Soekarno, Kabupaten Jembrana. Jembrana Festival merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT Kota Negara ke-124 dan HUT Kemerdekaan RI ke-74 .

Balinetizen.com, Jembrana

Bupati Jembrana I Putu Artha, Kamis (15/8) membuka secara resmi Jembrana Festival di Gedung Kesenian DR. IR Soekarno, Kabupaten Jembrana. Jembrana Festival merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT Kota Negara ke-124 dan HUT Kemerdekaan RI ke-74 .

Berbagai kegiatan mengisi Jembrana Festival di hari pertama diantaranya jalan santai, makan nasi jinggo, lomba panjat pinang, Pameran UMKM Jembrana, clothing dan kuliner khas Jembrana, lomba penjor dan pawai dokar. Jembrana Festival rencananya akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 15 Agustus sampai 17 Agustus 2019.

Jembrana Festival diawali dengan kegiatan Jalan Santai sekitar pukul 06.30 WITA dengan melibatkan ribuan masyarakat. Kegiatan yang dilepas Bupati Jembrana I Putu Artha juga diikuti jajaran Forkopinda Jembrana, Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD Jembrana Sementara dan anggota, Sekda Jembrana, pimpinan OPD Pemkab Jembrana, pimpinan instansi lain dan ASN dilingkup Pemkab Jembrana serta pelajar.

Mengambil start di halaman Gedung Kesenian DR IR Soekarno peserta Jalan Santai menyusuri sepanjang jalan Kota Negara seperti Jalan Sudirman, Jalan Rajawali, Jalan Cendrawasih dan kembali ke Jalan Sudirman dan finis di Gedung Kesenian DR IR Soekarno, Jembrana depan Kantor Bupati Jembrana. Sebelumnya panitia Jalan Santai membagi-bagikan kupon dengan hadiah utama sepeda motor matic di depan Kantor Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana.

Setiba di Gedung Kesenian DR IR Soekarno peserta Jalan Santai dimanjakan dengan hiburan dan nasi jinggo untuk dimakan bersama. Sepuluh ribu nasi jinggo berbungkus daun pisang yang disiapkan panitia ludes dalam sekejap.

Baca Juga :
Sandiaga: Tak Tertutup Kemungkinan RI Perluas Pintu Wisata Bagi Wisman

Selain Jalan Santai, Bupati Artha beserta rombongan juga berkesempatan melihat lomba pajat pinang yang diadakan di halaman Gedung Kesenian DR IR Soekarno. Pada lomba panjat pinang panitia menyiapkan 10 tiang panjat pinang dengan hadiah utama sepeda gunung.

Bupati Artha juga menyempatkan melihat lomba Penjor yang diikuti 51 peserta dari desa dan kelurahan yang ada di Jembrana. Pada lomba Penjor ini peserta diwajibkan menggunakan bahan alami, tidak memakai styrefoam sebagai hiasan Penjor.

Bupati Jembrana I Putu Artha pada kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat Jembrana untuk ikut serta meramaikan Jembrana Festival serangkaian HUT Kota Negara ke-124 dan HUT Kemerdekaan RI ke-74. Sekaligus menghimbau untuk memasang Bendera Merah Putih serta menjaga kebersihan lingkungan yang dimulai dari sekitar rumah.

“Sebagai Kepala Daerah saya merasa kurang pas kalau ada warga yang tidak memasang Bendera Merah Putih di hari Kemerdekaan RI ini” ujar Bupati Artha. (Komang Tole/ADV)

Leave a Comment

Your email address will not be published.