Homologasi XPANDER AP4 Butuh Waktu Lebih Lama, Rifat Sungkar Tetap Bela Tanah Air di Reli Selandia Baru  

Balinetizen.com, Jakarta

Rifat Sungkar selaku pereli Tanah Air bersama XPANDER Rally Team telah tiba di Auckland Selandia Baru lebih awal untuk melakukan penelitian dan pengembangan Mitsubishi  XPANDER   AP4 terbaru demi bisa membela Tanah Air di ajang NZRC Goldrush Rally of Coromandel yang akan digelar di Moewai Park, Selandia Baru tepat di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74.

 Setelah dilakukan penelitian dan pengembangan, dengan prioritas safety, Mitsubishi  XPANDER   AP4 harus melalui tahapan homologasi safety oleh badan Federasi Otomotif di Selandia Baru. Hal tersebut dikarenakan XPANDER   AP4 merupakan MPV pertama di dunia yang terjun di ajang balap internasional.

 Karena ini adalah sesuatu yang baru, beberapa hal yang menjadi pertimbangan badan Federasi Otomotif  tersebut untuk melakukan homologasi tambahan, yaitu terkait body shell dan roll cage. Proses ini membutuhkan waktu lebih kurang enam pekan dari sekarang sebelum homologasi bisa dikeluarkan.

 Terkait hal ini, Rifat mengungkapkan, “Masalah homologasi yang memakan waktu lebih lama, bisa kami terima dengan besar hati karena faktor yang diperhatikan adalah safety. Ini selalu menjadi yang utama bagi saya.”

 Meski begitu, demi tetap menjalankan misi utama untuk mengibarkan bendera merah putih tepat di HUT RI ke-74, Rifat yang didampingi oleh navigator M. Redwan akan tetap berlaga di NZRC Goldrush Rally of Coromandel dengan menggunakan mobil Mitsubishi Lancer Evo.

 “Saya dengan  XPANDER   Rally Team memiliki misi utama untuk membela Indonesia di ajang reli internasional. Tentu saja kami tetap optimis. Kami berpikir bagaimana caranya agar kami tetap dapat berlaga demi bisa mengibarkan merah putih di salah satu ajang reli paling besar di Selandia baru,” pungkas Rifat. 

Adapun jadwal baru terkait penampilan XPANDER Rally Team dengan menggunakan Mitsubishi XPANDER AP4 adalah sebagai berikut:

 v  Kejurnas Sprint Rally Putaran 3 – 19 Oktober, Jambi

v  Kejurnas Sprint Rally Putaran 4 – 26 Oktober, Jambi

v  Kejurnas Rally Putaran 3 – 23 November, Medan

v  Kejurnas Rally Putaran 4 – 24 November, Medan

v  Kejurnas Sprint Rally Putaran 5 – 7 Desember, Nganjuk

Editor : Hana Sutiawati

Baca Juga :
Jaga Stabilitas Harga Beras, Pemkot Denpasar Kembali Salurkan Beras Sasar 462 KPM di Desa Pemogan dan Kelurahan Pemecutan

Leave a Comment

Your email address will not be published.