Peringati Hari Pramuka ke 58 dan Kemerdekaan RI ke 74 ,Kwartir Cabang Pramuka Kota Denpasar Gelar Aksi Kebersihan Sampah Plastik

 

Peringati Hari Pramuka ke 58 dan Kemerdekaan RI ke 74,
Kwartir Cabang Pramuka Kota Denpasar Gelar Aksi Kebersihan Sampah Plastik

Balinetizen.com, Denpasar

Ribuan Pramuka Penggalang dan Penegak Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Denpasar menggerlar menggelar aksi kebersihan sampah plastik di Pasar Kreneng Jumat (16/8) kemarin. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 58 sekaligus peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Denpasar didampingi Kepala Pusat Pendidikan Pelatihan Pramuka Budi Santosa mengatakan, kegiatan aksi kebersihan dalam pramuka juga dilaksanakan agar pendidikan pramuka yang mendasar pada satya dan dharma pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan  pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku.  Selain itu  gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia  tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal dewasa ini. “Untuk mewujudkan semua itu salah satunya adalah mengajarkan aksi kebersihan kepada mereka,’’ ungkap Budisantosa.

Lebih lanjut ia mengatakan, khusus untuk kebersihan sampah plastik sengaja di laksanakan, karena Pemkot Denpasar mempogramkan Denpasar bersih dari sampah plastik. Salah satu langkah untuk membantu pogram tersebut dengan membersihkan langsung sampah plastik dari pusatnya yakni pasar itu sendiri.

Dalam aksi kebersihan tersebut pihaknya juga ikut membantu Pemkot Denpasar mensosialisasikan pengurangan penggunaan kantong plastik. Mengingat plastik sangat berbahaya bagi kesehatan. Kantong plastik juga sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme.

Budi Santosa menambahkan, memperingati Hari Pramuka pihaknya juga melaksanakan  berbagi lomba yakni  mewarnai untuk Siaga, Pionering Aplikatif Variasi untuk penggalang dan membuat video pendek untuk Penegak. Semua lomba tersbut akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus besok di Lapangan Lumintang, Denpasar (ayu/humas)

Baca Juga :
Kapolres Buleleng Dijabat Putra Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi, S.I.K., M.H.

Leave a Comment

Your email address will not be published.