Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-74Semarak, Pemkot Gelar Merdeka Fun Run dan Gowes Nusantara, Susuri Kawasan Heritage Gajah Mada

Avatar

 

Ket foto : Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Ngara saat mengikuti Merdeka Fun Run serta Gowes Nusantara di kawasan Heritage Jalan Gajah Mada, Minggu (18/8).

Balinetizen.com, Denpasar

Dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74, Pemkot Denpasar bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga RI serta Komunitas Sehat Bersama Menua Bersama (SBMB)  menggelar Merdeka Fun Run bertajuk Denpasar Heritage Zone serta Gowes Nusantara. Kegiatan yang dikemas dengan berjalan kaki dan bersepeda ini digelar dengan menyusuri kawasan Heritage Gajah Mada Kota Denpasar yang dilepas Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra di Pelataran Pasar Badung Kota Denpasar, Minggu (18/8).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Ketua Komisi III DPRD Kota Denpasar, Eko Supriadi, Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. IA Selly Dharmawijaya Mantra, pimpinan OPD serta masyarakat yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Sejak pagi hari, ribuan peseta tampak memadati pelataran parkir Pasar Badung Kota Denpasar yang beberapa waktu lalu diresmikan Presiden Jokowi. Suara bel sepeda yang saling bersahutan pun menambah khas suasana gowes. Beragam aktivitas turut dilaksanakan sembari menunggu waktu start. Uniknya lagi, seluruh peserta diwajibkan membawa Tumbler untuk mengurangi sampah plastik. Setelah melepas Gowes Nusantara, Walikota Rai Mantra bersama Wakil Walikota Jaya Negara beserta jajaran turut melepas 2.000 ikan Nila serta di kawasan Taman Kumbasari Tukad Badung, serta membagikan tas daur ulang di Kawasan Pasar Badung. .

Selanjutnya Rai Mantra bersama ribuan peserta menyusuri satu persatu spot   heritage kota tua yang khas. Mengambil rute sepanjang 6 KM yang dimulai dari kawasan Taman Kumbasari Tukad Badung, peserta bergerak menuju utara menyusuri gang-gang di kawasan Banjar Wangaya Klod menuju kawasan Jalan Sumatera, Banjar Titih, kembali melewati gang menuju kawasan Banjar Suci, kawasan Banjar Glogor, Setra Agung Badung, Kawasan Pura Tambang Badung, Pura Maospahit, kawasan Banjar Gerenceng dan kembali finish di Taman Kumbasari Tukad Badung.

Baca Juga :
Berikan Kemudahan Pelayanan Bagi Wajib Pajak, Bapenda Kota Denpasar Terapkan Inovasi I-PBB

Selama perjalanan, peserta dimanjakan dengan sajian kuliner lokal. Seperti Soto Warung Wangi, Rujak Arjuna, Warung Gang Beji, Nasi Ayam, Nasi Lawar Susi, Nasi Ayam Sere Lemo, Nasi Babi Guling Gerenceng, Nasi Campur Bali Gang Mangsit dan aneka kuliner lainya termasuk di kawasan Pasar Badung. Sepanjang perjalanan Walikota Rai Mantra bersama Wawali Jaya Negara  menyempatkan untuk menyapa masyarakat serta berswafoto dan mendokumentasikan rangkaian kegiatan lewat video vlog. Setelah finish, peserta langsung dimanjakan dengan beragam hiburan mulai dari Joni Agung and Double T, Jun Bintang, serta ratusian dorprize dengan hadiah utama berupa Sepeda Motor.

Sedangkan pelaksanaan Goes Nusantara, peserta menjajaki Jalan Gajah Mada, Jalan Veteran, Jalan Suli, Jalan Gatot Subroto, Jalan Sotoyo, dan kembali ke pelataran Pasar Badung dengan peserta mencapai 2.000 lebih.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota IGN Jaya Negara saat diwawancarai disela kegiatan menjelaskan bahwa pelaksanaan Merdeka Fun Run 2019 dan Gowes Nusantara ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan edukatif, selain untuk memeriahkan Hut Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019 ini juga menjadi wahana untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang Denpasar Heritage Zone (Kawasan Heritage Denpasar). Dimana seperti yang kita ketahui bersama bahwa kawasan Jalan Gajah Mada dan sekitarnya atau lebih dikenal dengan Zona Z Heritage Torism ini memiliki nilai sejarah yang tinggi, sehingga menjadi penting untuk dilestarikan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan memadukan konsep Hash dengan Jalan Sehat dengan mengambil rute di sekitar kawasan kota tua Denpasar, selain untuk berolahraga dalam menyambut HUT RI, kegiatan ini juga menjadi ajang promosi kawasan Heritage Denpasar,” paparnya.

Wakil Walikota Jaya Negara menambahkan bahwa kegiatan ini sangat baik sebagai ajang edukasi dan pengenalan warisan budaya kota tua di Kota Denpasar. Tentunya kedepan aka terus kita tatat bersama sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri, khsusnya Heritage Torism, “Banyak sekali bangunan bersejarah yang kita jumpai selama perjalanan, dan tentunya sangat menarik sebagai wahana swafoto heritage obyek hingga wisata kuliner dengan menjajali gang-gang tua di kawasan heritage Denpasar,” terangnya. (Ags/HumasDps).

Baca Juga :
Sukses Menggelar Perhelatan Rapimnas, Kadin Bali Tunjukkan Eksistensinya

Leave a Comment

Your email address will not be published.