PKK Badung Beri Pembinaan di Desa Canggu

Ketua TP PKK Badung Ny Seniasih Giri Prasta memberikan pembinaan kepada kader-kader dan PKK Desa Canggu, Rabu (21/8).

Balinerizen.com, Mangupura

Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung bersama TP PKK Kecamatan Kuta Utara memberikan pembinaan kepada kader-kader dan PKK Desa Canggu, Rabu (21/8). Pembinaan ini dilakukan dalam rangka penilaian lomba Kesatuan Gerak (KG) Kependudukan Keluarga Berancana Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK) tingkat Kabupaten Badung tahun 2019, dimana Desa Canggu sebagai duta Kecamatan Kuta Utara. Pembinaan dipimpin langsung Ketua TP PKK Badung Ny Seniasih Giri Prasta. Acara tersebut dihadiri Kadis PMD diwakili Kabid Pemerdayaan, Keswadayaan Lembaga Desa Kemasyarakatan Ida Bagus Putu Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Nesia Yoga Segara, Camat Kuta Utara A. A. Ngr. Arimbawa, Ketua TP PKK Kec. Kuta Utara Ny. Ratma Cika Arimbawa, Perbekel Canggu Nengah Lana, Tim Pembina Kabupaten, Kader Posyandu Pokja PKK dan tokoh masyarakat.

Kepala Dinas PMD yang diwakili Kabid Ida Bagus Putu Darma Wijaya mengatakan, program yang dilaksanakan oleh TP. PKK Kab Badung tentunya telah bersinergi dengan Perangkat Daerah, mengacu pada program Pemkab. Badung. Tujuan pembinaan/evaluasi 10 Program Pokok PKK adalah menumbuhkan motivasi dan penguatan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat dan kemandirian dalam melaksanakan 10 program pokok PKK guna membangun masyarakat sejahtera. “Pembinaan ini untuk mengetahui permasalahan/hambatan yang masih belum terpecahkan sehingga kita dapat secara bersama-sama mencari solusinya,” jelasnya.

Penekanan pada evaluasi 10 program  pokok PKK tahun 2019 ini adalah pada program unggulan sesuai dengan kegiatan di sekretariat dan di kelompok  kerja (Pokja). Untuk selanjutnya dipilih pelaksana terbaik program unggulan yang meliputi program unggulan sekretariat PKK adalah pelaksanaan terbaik tertib administrasi PKK. Program unggulan Pokja I yakni pelaksanaan terbaik pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga. Program unggulan Pokja II, pelaksana terbaik usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K). Program unggulan Pokja III,  pelaksanaan terbaik halaman asri, teratur, indah dan nyaman (HATINYA) PKK dan program unggulan Pokja IV adalah pelaksana terbaik inspeksi visual asam asetat (IVA) TEST. “Pembinaan 10 program pokok PKK ini disiapkan untuk lomba tingkat Kabupaten pada bulan September dan tingkat Provinsi Bali yang bersamaan dengan penilaian KG-PKK-KB-Kes, posyandu, LBS, PHBS, diperkirakan penilaiannya bulan Oktober 2019,” tambahnya.

Baca Juga :
Inmendagri No. 63 Terbit, PPKM di Buleleng Tetap Level 2

Ketua TP. PKK Kabupaten Badung Ny Seniasih Giri Prasta menyampaikan, kehadiran Tim Penggerak PKK untuk melakukan pembinaan demi memantapkan persiapan mengikuti lomba tingkat Kabupaten. Seniasih Giri Prasta juga mengapresiasi kader-kader posyandu dan kader lainnya di Desa Canggu yang telah bekerja dengan maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam pembinaan tersebut Ny. Seniasih Giri Prasta juga berkesempatan mengunjungi

Keluarga Rumah Sehat, Ketut Suwardika di desa Canggu. Setelah di Canggu, Tim juga akan memberikan pembinaan kepada duta yang lain.

Untuk lomba tahun ini, diikuti Kec. Kuta Utara diwakili Desa Canggu, Kec. Petang diwakili Desa Petang, Kec. Abiansemal diwakili Desa Punggul, dan Kec. Mengwi diwakili Desa Penarungan.

Editor : Hana Sutiawati

Leave a Comment

Your email address will not be published.