Terbentuk, Pengelola Jurnal Perguruan Tinggi Agama Hindu

Keterangan foto: Perkumpulan Pengelola Jurnal Perguruan Tinggi Agama Hindu (PPJ-PTKH) terbentuk di Denpasar, Jumat (23/8)/MB

(Balinetizen.com) Denpasar –

Perkumpulan Pengelola Jurnal Perguruan Tinggi Agama Hindu (PPJ-PTKH) terbentuk di Denpasar, Jumat (23/8). Perkumpulan terbentuk dari berbagai perguruan tinggi agama Hindu yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Jakarta, Lampung dan daerah-daerah lainnya.

Pembentukan PPJ-PTKH ini dilakukan pada Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik yang berlangsung di Hotel Grand Mega Villa and Spa, Kuta, 22-24 Agustus 2019. Workshop ini diikuti pengelola jurnal Perguruan Tinggi Agama Hindu dan berbagai perguruan tinggi lainnya. Pada workshop ini hadir berbagai narasumber dari Menristek Dikti dan pengelola-pengelola jurnal yang telah berpengalaman.

Ketua PPJ-PTKH, Dr. I Ketut Sudarsana mengatakan, organisasi terbentuk untuk meningkatkan mutu terbitan ilmiah pada perguruan tinggi agama Hindu. Sampai saat ini, jurnal-jurnal dari perguruan tinggi agama Hindu belum ada masuk ke Sinta 2 Dikti, karena itu perlu dilakukan langkah-langkah persiapan untuk meningkatkan mutu jurnal. “Mudah-mudahan dengan ini, bisa masuk beberapa ke Sinta 2,”katanya.

PPJ-PTKH untuk pertama kalinya, katanya, bekerjasama dengan Menristek Dikti untuk mendampingi jurnal-jurnal dari perguruan tinggi agama Hindu. Dengan pendampingan ini diharapkan jurnal-jurnal tersebut bisa mendapatkan akreditasi minimal Sinta 4. “Setelah akreditasi ini, jika ada perbaikan bisa diakreditasi lagi untuk terus naik tingkat,”ujarnya.

Pendampingan jurnal-jurnal ini, lanjutnya, juga dilakukan melalui kerjasama dengan Universitas Warmadewa untuk menampung jurnal-jurnal di luar PTKH. Kerjasama ini diperlukan untuk meningkatkan mutu jurnal-jurnal di berbagai perguruan tinggi. Peningkatan ini dilakukan karena dorongan Menristek Dikti untuk terus meningkatkan mutu jurnal nasional.

Melalui wadah pengelola jurnal ini, diharapkan terjadi koordinasi antar pengelola sehingga bisa berbagi pengetahuan. Jurnal-jurnal tersebut diperlukan untuk publikasi berbagai penelitian dalam ranah agama Hindu, sehingga dapat dimanfaatkan berbagai pihak yang berkepentingan. Dijelaskan, hasil-hasil penelitian ini juga akan mendongkrak mutu suatu perguruan tinggi.

Baca Juga :
Kiai Suaib: Pelajaran Idul Adha tak ada korban manusia demi agama

Pewarta: Gede Sutarya
Editor: Hana Sutiawati

Leave a Comment

Your email address will not be published.