Roadshow KPK di Jembrana Bupati Artha Tegaskan Komitmen Pemberantasan Korupsi

Keterangan foto: Bupati Jembrana I Putu Artha mengimplementasikan sejumlah program KPK dalam rangka pencegahan korupsi di Jembrana, pada Kunjungan komisi pemberantasan korupsi (KPK) ke Jembrana dalam rangka roadshow bus KPK 2019 bertajuk Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi, Selasa (27/8)/MB

(Balinetizen.com) Jembrana –

Kunjungan komisi pemberantasan korupsi (KPK) ke Jembrana dalam rangka roadshow bus KPK 2019 bertajuk Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi, Selasa (27/8), disambut antusias undangan yang hadir. Bupati Jembrana I Putu Artha berinisiatif untuk mengimplementasikan sejumlah program KPK dalam rangka pencegahan korupsi di Jembrana.

Bupati Jembrana I Putu Artha dalam sambutannya mengatakan di tengah maraknya kasus korupsi melibatkan pejabat di daerah, kampanye antikorupsi ke kabupaten kota se Indonesia membawa angin segar dalam upaya pencegahan korupsi. “Saya mewakili seluruh komponen masyarakat Jembrana menyambut baik kampanye yang digelar KPK dalam rangka roadshow bus KPK 2019, jelajah negeri bangun antikorupsi,” ujarnya.

Menurut Bupati Artha, menghilangkan korupsi tidak hanya penegakan hukum, namun perlu upaya pencegahan korupsi dengan melibatkan publik sebagai kontrol. Karena itu, Bupati Artha menyambut baik kampanye yang dilakukan KPK melibatkan pelajar dari jenjang paling bawah hingga perguruan tinggi.
“Mereka harus sejak dini diberikan pemahaman untuk selalu berbuat jujur dalam setiap langkah selalu berintegritas,” tegasnya.

Kehadiran KPK dalam roadshow ke Jembrana diharapkan mampu memberikan penyadaran pada masyarakat yang muaranya nanti pada peningkatan partisipasi publik dalam pencegahan korupsi. Masyarakat harus mulai terbiasa untuk melaporkan segala hal yang terindikasi kecurangan.
“Hal ini penting dilakukan, mengingat masyarakatlah yang dirugikan jika terjadi korupsi,” tegasnya.

Bupati Artha menambahkan, pemberantasan korupsi bukanlah misi mudah. Untuk mencapainya perlu disinergikan dengan semua komponen dan diperlukan komitmen kuat. “Pada Kesempatan ini saya tegaskan komitmen untuk tidak memberikan ruang terhadap terjadinya korupsi di Jembrana,” tegasnya.

Baca Juga :
Pemkot Denpasar Gelar Safari Kesehatan dan Pasar Murah di Kelurahan Sumerta 

Salah satu komitmen yang telah dilakukan dalam rangka pemberantasan korupsi di Jembrana melalui sejumlah inovasi mulai dari pelayanan perizinan satu loket, hingga memperkuat jajaran inspektorat daerah sebagai lembaga yang berperan penting dalam upaya pemberantasan korupsi di daerah. “Saya mengajak seluruh komponen masyarakat agar berperan aktif dalam upaya pemberantasan korupsi,” tegasnya.

Sementara itu, Deputi Pengawasan Internal dan pengaduan masyarakat KPK Herry Muryanto mengatakan bahwa kegiatan kampanye anti korupsi sebagai upaya dari KPK untuk mendekatkan program-program pencegahan korupsi kepada masyarakat salah satunya dengan menggunakan media bis yang diberi nama “Bis Tayo”. Tujuannya untuk mengajak seluruh komponen masyarakat terutama di kabupaten dan kota yang dilewati oleh bis KPK agar berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi.

Di setiap daerah yang dikunjungi, KPK akan berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui program-program pencegahan korupsi baik untuk pelajar, mahasiswa, anggota legislatif, pengurus DPD Partai Politik, aparatur daerah dan masyarakat sipi, pelaku usaha. “Kegiatan ini dirancang untuk membangun semangat sekaligus mempererat keterlibatan masyarakat secara aktif sehingga merasakan kehadiran secara langsung KPK,” tegasnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, Bupati Artha didampingi Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan melihat ke dalam bus KPK yang berada di depan kantor Bupati Jembrana. Dalam kegiatan tersebut sejumlah kegiatan digelar, mulai dari pendidikan pada pelajar hingga sosialisasi mengenai pencegahan korupsi pada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkab Jembrana dan anggota DPRD Jembrana.
KPK juga mensosialisasikan kepada mahasiswa di Akademi Komunitas Negeri Jembrana yang juga diikuti taruna dari Poltek KP Pengambengan serta mahasiswa UT Jembrana.

Sumber: Humas Pemkab Jembrana

Leave a Comment

Your email address will not be published.