Pemilih Homestay Dilatih Lebih Profesional

Foto: Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, membuka Pelatihan Homestay, ditandai dengan penyematan tanda peserta, Rabu (28/8). 
Dinas Pariwisata Karangasem menyelenggarakan kegiatan pelatihan manajemen homestay atau pondok wisata di Kabupaten Karangasem tahun 2019. Dibuka Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Selasa (27/8), pelatihan ini digelar di Hidden Paradise Amed.
Kepala Dinas Pariwisata Karangasem, I Ketut Sedana Merta menyungkapkan, kegiatan pelatihan manajemen homestay ini merupakan salah satu program pengembangan kemitraan. Tak hanya itu, kegiatan ini juga dimaksudkan memberi pembekalan pengembangan desa wisata sebagai daya tarik alternative di bidang sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif.
 “Digelarnya kegiatan ini juga untuk pemerataan pembangunan kepariwisataan sekaligus mendorong berkembangnya pengembangan desa wisata,” ungkap Sedana.  Pariwisata dapat berkembang,  bila sarana di dalamnya baik,  dan melalui kegiatan  pelatihan manajemen homestay, diharapkan mampu meningkatkan  pariwisata di Kabupaten Karangasem.
Peserta yang berasal dari seluruh kelompok sadar wisata di Kabupaten Karangasem. Selain mendapat pelatihan, ajang ini dapat dijadikan media bersinergi dan sharing pengalaman serta saling melengkapi untuk bisa menciptakan suatu manajemen pengelolaan homestay yang professional.
“Bila sudah profesional,diharapkan mampu bersaing dengan akomodasi wisata yang lebih dulu telah berkembang serta mampu memberikan pelayanan kepada wisatawan secara profesional,” imbuh Sedana Merta.
Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan saat ini adalah gelombang pertama yang dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 27 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2019. pelatihan gelombang I ini diikuti sekitar 40 orang peserta pemilik atau pengelola home stay/ pondok wisata yang ada di Kecamatan Abang khususnya di Wilayah Amed seperti di Purwekerti dan Bunutan.
Penulis: Desak Made
Baca Juga :
Survei: Opini publik terhadap Polri kian positif

Leave a Comment

Your email address will not be published.