Di Gilimanuk Operasi Gabungan Sasar Truk

Operasi gabungan melibatkan Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Polres Jembrana, BPTD, Polda Bali, UPPKB Cekik dan Dinas Kelauitan, Perikanan dan Perhubungan Pemkab Jembrana.

Balinetizen.com, Jembrana

Operasi gabungan melibatkan Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Polres Jembrana, BPTD, Polda Bali, UPPKB Cekik dan Dinas Kelauitan, Perikanan dan Perhubungan Pemkab Jembrana. Senin (2/9) dilaksanakan di Jembatan Timbang, Cekik, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Oprasi gabungan penertiban angkutan barang serangkaian HUT Perhubungan ini menyasar semua kendaraan angkutan barang, baik yang masuk maupun keluar Bali.

Setiap kendaraan angkutan barang yang masuk Jembatan Timbang diperiksa berat muatannya. Selain itu petugas juga memeriksa surat-surat kendaraan dan KIR serta kelengkapan lainnya seperti SIM. Bahkan beberapa truk besar yang dicurigai diperiksa panjang dan lebarnya guna memastikan apakah melanggar ukura atau tidak.

Dalam operasi itu petugas menemukan beberapa kendaraan dengan muatan melebihi tonase. Namun lantaran sopir sudah membawa surat tilang dari Jawa, petugas kemudian memberikan untuk melanjutkan perjalanan.

“Ada 15 yang melanggar, 8 ditilang polisi karena tidak membawa STNK dan SIM, 4 pelanggaran PPKB dan 3 teguran” ujar Arya, Korwas PPNS BPTD Bali-NTB didampingi Kasi Keselamatan Lalulintas Jalan, Kadek Dwi Ratna.

Menurutnya cukup banyak kendaraan angkutan barang yang melanggar, namun karena sopirnya sudah membawa surat tilang dari Jawa sehingga tidak bisa kembali ditilang.

“Dari pengukuran dimensi kendaraan angkutan barang kami belum menemukan yang melanggar seperti panjang melebihi 12 meter” jelasnya.

Untuk kedepan lanjutnya pihaknya berharap semua buku KIR kendaraan angkutan barang sudah menggunakan model Blu. Sehingga mudah dalam melakukan pengawasan serta untuk ketertiban kendaraan.

Dalam operasi itu sopir juga diminta untuk tertib berlalu lintas untuk menghindari terjadinya kecelakaan, selain tertib adminitrasi dan tertib muatan. (Komang Tole)

Baca Juga :
Garap Pariwisata, Gde Mangun Mulai Kebut di Tingkat Ranting PDI Perjuangan

Leave a Comment

Your email address will not be published.