Dagang Sabu Sabu Dihukum 10 Tahun Penjara, Denda 1 Miliar

Wid Yanyo alias Widi (41) asal Pasaman Barat, Sumatra Barat itu, Rabu (4/9) dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh majelis hakim PN Denpasar

Balinetizen.com, Denpasar

Wid Yanyo alias Widi (41) hanya bisa tetunduk. Pria asal Pasaman Barat, Sumatra Barat itu, Rabu (4/9) dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh majelis hakim PN Denpasar pimpinan Wayan Kawisada. Selain itu, hakim juga menjatuhkan hukuman denda 1 miliar subsidair 5 bulan. “Hakim sependapat dengan jaksa, terdakwa terbukti sebagai penjual atau perantara jual beli Narkotika golongan I jenis sabu,”tegas majelis hak dalam amar putusannya.

Putusan hakim itu lebih rendah dari tuntutan jaksa Dewa Ngurah Sastradi yakni 13 belas tahun penjara dengan denda dan subsidair sama. Adapun barang bukti narkotika golonga I berupa 5 plastik klip masing-masing berisi sabu dengan berat total 12,69 gram netto, kata hakim dalam amar putusannya dirampas negara. Sementara pertimbangan memberatkan dalam putusan ini kata hakim perbuatan terdakwa bisa merusak generasi mida serta bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan narkoba.sementara yang meringankan terdakwa bersikap sopan dan belum pernah dihukum.

Awal terungkapnya perkara ini ketika terdakwa dihububungi seseorang bernama Bung Jack untuk menyuruh terdakwa mengambil tempelan sabu di Jalan Kerta Pura I tepatnya dibawah jembatan di dekat tiang listrik, (12/3/2019).

Setelah mengambilan tempelan sabu tersebut, terdakwa kemudian kembali ke kosnya di Jalan Pulau Ayu, Denpasar. Berselang beberapa hari kemudian, (19/3) pukul 23.00 Wita, terdakwa kembali mendapat satu paket sabu dari saksi Lolok Hariyanto yang diserahkan di kos terdakwa.

Hanya berselang beberapa jam kemudian terdakwa ditangkap Ditresnarkoba Polda Bali. Saat itu, petugaa berhasil mengamankan 5 paket sabu dari tangan terdakwa dengan total berat 13, 83 gram brutt atau 12, 69 gram netto.

Baca Juga :
Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Pitra Yadnya Lan Karya Manusa Yadnya Desa Adat Sembung Sobangan

Atas perbuatannya ini, terdakwa terbukti melanggar Pasal 114 ayat (2), UU RI Nomor 35 tahung 2009 tentang Narkotika. (NT-MB)

Leave a Comment

Your email address will not be published.