Pemeriksaan Reguler dan Pembinaan, 28 Hari Inspektorat Bali Sambangi Jembrana

Tim pemeriksa penyelenggaraan pemerintahan daerah dari Inspektorat Provinsi Bali turun ke Kabupaten Jembrana, Bali, untuk memeriksa 10 ( obyek pemeriksaaan ) selama hampir sebulan.

Balinetizen.com, Jembrana 

Tim pemeriksa penyelenggaraan pemerintahan daerah dari Inspektorat Provinsi Bali turun ke Kabupaten Jembrana, Bali, untuk memeriksa 10 ( obyek pemeriksaaan ) selama hampir sebulan. Selain pemeriksaan reguler , rencananya tim dari provinsi ini juga melakukan pendampingan sekaligus evaluasi terhadap SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) , yang dirancang pemerintah daerah.

Saat diterima Bupati Jembrana , I Putu Artha, di ruang VIP Bupati , Rabu (4/9), Kepala Inspektur Inspektorat Provinsi Bali, I Wayan Sugiada mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan bertujuan untuk membuktikan bagaimana penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan efektif dan efisien, dalam koridor peraturan perundang-undangan. “ Ini bentuk kunjungan rutin tiap tahun dikabupaten /kota se-Bali. Team akan turun melakukan selama pembinaan dan pengawasan dibeberapa OPD selama 28 hari lamanya. Setidaknya kami menerjunkan 16 orang dalam pemeriksaan reguler ini ,” ujar Sugiada.

Lebih lanjut disampaikannya , Pemeriksaan yang dilakukan dilandasi oleh UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menyebutkan Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat melakukan pengawasan umum dan pengawasan teknis terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota.

Ketentuan ini juga sejalan dengan PP 12 Tahun 2017 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah pasal 10 ayat (1) hurup (b) yang menyebutkan Pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah kabupaten/kota dilaksanakan oleh Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk pengawasan umum dan teknis.

Sementara Bupati Jembrana I Putu Artha , menyambut baik langkah inspektorat Bali, sebagai bagian pembinaan dan pengawasan. Ia juga berharap, segenap OPD yang dijadikan obyek pemeriksaan , bisa koperatif menyampaikan data laporan penyelenggaran pemerintahan serta tata kelola aset yang lebih baik

Baca Juga :
KPU Jenbrana: Coklit di Banjar Munduk Usai Isolasi Banjar

“ Tentunya kita sambut baik, karena ini bagian upaya menciptakan tatanan pemerintahan lebih transparan dan akuntable. Pemeriksaan ini sekaligus membantu mengetahui lebih awal masing-masing OPD ketika ada pemeriksanan lanjutan nanti, “terang Artha.

Bupati Artha juga berharap, selama pembinaan nanti, ada transfer ilmu dari inspektorat Bali, menularkan berbagai prestasi yang diperoleh provinsi kepada pemerintah daerah.

Turut hadir dalam pertemuan itu , Sekda Jembrana I Made Sudiada, Asisten I bidang pemerintahan I Nengah Ledang serta Kepala Inspektur Inspektorat Jembrana Ni Wayan Koriani. (Humas Pemkab Jembrana )

Leave a Comment

Your email address will not be published.