Perlu Standar Kompetensi Profesi Tukang Cukur Rambut Untuk Kembangkan Potensi Usaha Barbershop

Press Conference Cut Above The Rest 2019 di Denpasar, Selasa (17/9/2019).

 (Balinetizen.com) Denpasar –

 

Potensi usaha dan pengembangan karir sebagai Tukang Cukur atau Penata rambut (Barber) di Indonesia mestinya ada campur tangan pemerintah melalui suatu badan kompetensi dan sertifikasi yang bisa dijadikan standar keahlian bagi jutaan pemuda yang ingin mengembangkan karir dan usahanya di bidang ini (Barbershop).

“Kami sudah sejak lama menggugah atensi pemerintah melalui berbagai workshop dan coaching clinic pengguntingan rambut, Nantinya dalam workshop ini pula akan diajarkan mengenai teknik marketing serta personal branding yang dibutuhkan oleh para barber untuk mengembangkan usaha. Tak ketinggalan, para barber akan memperdalam ilmu teknik potong fade terbaik dengan cara yang cepat dan efektif,” kata Henoch Sitompul selaku pemilik Pancos Barbershop dalam acara Press Conference Cut Above The Rest 2019 di Denpasar, Selasa (17/9/2019).

Terbukti acara tersebut mendapatkan banyak dukungan dari para pebisnis barbershop di Indonesia. Antusiasme terhadap Cut Above The Rest 2019 yang dilaksanakan keesokan harinya di Harris Sunset Road Hotel Denpasar, Rabu (18/9) selain tentunya para barber dan brand terkenal seperti Gatsby, Palem Group, Tupperware dan Café Excelso.

Henoch Sitompul dan Vince Garcia menjelaskan bahwa fade adalah Teknik ‘tertinggi’ di dalam potongan rambut pria yang menghasilkan nilai tambah dari gaya rambut tersebut, sehingga jika hasilnya sesuai akan memberikan kepuasan bagi barber dan pelanggan.

“Kami berharap melalui acara workshop ini dapat mengajak seluruh barber di Indonesia untuk semakin berkembang dengan terus mengasah diri, yang tentunya akan berdampak pada jumlah penghasilan yang akan mereka peroleh. Attitude dan skill adalah aset terpenting bagi seorang barber,” tutup Henoch.

Baca Juga :
Dihadiri Gamer Profesional, Gubernur Koster Dukung Bali Tuan Rumah eSports Internasional

Vince Garcia memulai impiannya di usia muda, ia memutuskan berhenti kuliah dan menjalankan minatnya untuk menjadi seorang Celebrity Barber. Terus berkembang dan semakin banyak dikenal oleh para selebriti Hollywood, Vince Garcia yang juga merupakan Co–Founder dari Grey Matter serta dikenal dengan teknik potong fade, telah menangani sederetan klien penting. Dirinya juga merasa senang bisa hadir kembali di Indonesia serta dapat berbagi ilmu serta menginspirasi para barber di Indonesia.

“Saya senang bisa hadir kembali di Indonesia serta dapat berbagi ilmu juga menginspirasi para barber di Indonesia. Semoga kedatangan saya kali ini dapat lebih banyak lagi memberikan dampak positif bagi kemajuan industri barbershop di Indonesia khususnya,” ucap Vince Garcia, Celebrity Barber Hollywood.

Vince juga optimis industri barber di Indonesia akan berkembang pesat. Apalagi bisnis ini berbeda dengan bisnis lainnya seperti F&B, fashion, travel, dan lain-lain.

“Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia untuk mengembangkan industri barbershop. Bukan tidak mungkin dengan talenta dan keahlian yang dimiliki, seseorang dapat menjadi barber yang handal serta menerima pendapatan yang besar” pungkas Vince.

 

Pewarta : Hidayat
Editor : Whraspati Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.