Empat Kecamatan Sekaligus, Bupati Suwirta Hadiri Persiapan Ngaben Masal

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta hadir secara langsung meninjau persiapan uapacara Ngaben Masal di empat Kecamatan sekaligus, Kamis (19/9).

 

Balinetizen.com, Klungkung.

Selain bentuk perhatian dan memberikan dukungan moril serta doa demi suksesnya seluruh rangkaian upacara terhadap warganya, Pemerintah Kabupaten Klungkung senantiasa hadir ditengah-tengah krama/masyarakat yang sedang melaksanakan upacara Pitra Yadnya (Ngaben Masal). Sebagai Pimpinan Daerah, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta hadir secara langsung meninjau persiapan uapacara Ngaben Masal di empat Kecamatan sekaligus, Kamis (19/9).

Perjalan Bupati Suwirta bersama rombongan diawali di Kecamatan Nusa Penida yakni di Br. Jurangaya, Desa Kutampi dengan mengupacarai 59 Sawa, Br. Tanglad, Desa Tanglad mengupacarai 104 sawa, serta di Banjar Gede, Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida mengupacarai dengan jumlah 30 Sawa.

Sedangkan untuk di Klungkung Daratan diawali dari Kecamatan Dawan yakni di Desa Pakraman Dawan Kelod yang mengupacarai 80 Sawa, kemudian di Banjar Minggir, Desa Pakraman Gelgel, Kecamatan Klungkung mengupacarai 21 Sawa, dilanjutkan di Kecamatan Banjarangkan yakni Br. Kanginan, Br. Pering, Br. Kawan,  Br. Peken, Desa Bakas, serta di Semeton Pande Maranggi, Banjar Beneng, Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan dengan mengupacarai 17 Sawa.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang hadir secara langsung mendoakan dan berharap Yadnya yang dilaksanakan krama merupakan hutang yang harus dibayar untuk Sang Pitara (yang sudah meninggal) merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dengan penuh keikhlasan didasari hati yang tulus mendoakan Sang Pitra agar mendapatkan tempat yang terhindah disisiNya “Semoga semua rangkaian Yadnya ini berjalan lancar,” ujar Bupati Suwirta

Dirinya juga berharap upacara ngaben masal ini selain sangat berguna untuk meringankan beban biaya, ngaben yang dilakukan secara masal juga dapat meringankan beban pekerjaan dan tentunya meningkatkan rasa gotong royong, serta merekatkan rasa kekeluargaan antar warga desa. “Semangat gotong-royong agar tetap dijaga sehingga upacara Ngaben masal bisa berjalan lancar,” harapnya.

Baca Juga :
OJK: Penghimpunan Dana Di Pasar Modal Melonjak, Capai Rp335,8 Triliun

Sementara itu, salah satu Ketua Panitia Pitra Yadnya, I Nyoman Misnawan Banjar Jurangaya menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan serta doa dari pemerintah Kabupaten Klungkung. Ia mengatakan rangkaian pelaksanaan Ngaben Masal telah dimulai sejak Wraspati Paing Jumat (30/8) dengan prosesi Matur Piuning, Nuasen, Nyukat Genah lan Nanceb Taring. Selanjutnya pada Soma Umanis Medangkungan Senin (12/9) dilakukan prosesi Ngagah dan Puncak Upacara akan dilaksanakan pada Wraspati Wage Medangkungan Kamis (26/9) mendatang serta akan dilanjutkan dengan Upacara Ngeroras pada Redite Wage Uye Sabtu (5/10) mendatang. (Humasklk/yande)

Leave a Comment

Your email address will not be published.