Bupati Suwirta Ajak Kelompok Usaha mendukung Pariwisata Nusa Penida

Bupati Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra menyerahkan bantuan KK miskin Kepada 10 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bertempat di Balai Desa Batununggul Kecamatan Nusa Penida pada Minggu (22/09/2019) kemarin sore.

Balinetizen.com, Klungkung

Bupati Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra menyerahkan bantuan KK miskin Kepada 10 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bertempat di Balai Desa Batununggul Kecamatan Nusa Penida pada Minggu (22/09/2019) kemarin sore.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana melaporkan tujuan pemberian bantuan Kube antara lain meningkatkan kegiatan usaha dan aktivitas keluarga sasaran, agar dapat terwujudnya kehidupan dan kesejahteraan yang lebih meningkat, mewujudkan kebersamaan dalam kegiatan usaha agar kegiatan usaha kelompok dapat berhasil dan berdaya guna, dapat menggali sumber daya Alam, meningkatkan sumber daya manusia terutama dalam kelompok.

Ida Bagus Anom Adnyana menyatakan Penyerahan bantuan terhadap keluarga rumah tangga sasaran, dalam bentuk kegiatan kelompok Usaha Bersama kepada KK Miskin berupa pemberian dana kepada masing-masing kelompok sebesar 20 juta rupiah, Bantuan ini didapatkan sesuai dengan pengajuan proposal dari kelompok Usaha tersebut.

Lebih lanjut Ida Bagus Anom Adnyana menyatakan, Di Kabupaten Klungkung pada tahun 2019 dialokasikan dana bantuan kelompok  kepada 20 kelompok yakni, dikecamatan Nusa Penida sebanyak 10 kelompok, diantaranya Desa Ped 5 kelompok, Desa kutampi Kaler 4 kelompok, dan Desa Batununggul 1 kelompok, dengan jumlah anggota perkelompok berjumlah 10 orang, sedangkan di Klungkung daratan sebanyak 10 kelompok yakni, di Desa Kusamba 5 kelompok dan Desa Gunaksa 5 Kelompok.  Sumber dana bantuan Kelompok ini bersumber dari dana APBN melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia. Dan untuk di Kecamatan Nusa Penida, Kelompok yang memperoleh bantuan, adalah kelompok dengan jenis usaha berupa ternak Babi.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyarankan agar Kelompok Usaha membuat Usaha berupa Cinderamata khas Nusa Penida, dengan tujuan para Kelompok Usaha dapat mendukung Pariwisata yang ada di Nusa penida, mengingat perkembangan pariwisata di Nusa Penida sedang berkembang.

Buatlah jenis usaha yang berbeda-beda antara satu kelompok dengan kelompok lainnya dengan memanfaatkan kondisi Pariwisata di Nusa Penida yang sedang mengalami perkembangan saat ini,”  ujar Bupati Suwirta. (humasklk/Cok).

Baca Juga :
Percepat Proses UU Provinsi Bali, Gubernur Koster Gencar Loby Pusat

Leave a Comment

Your email address will not be published.