Kapolsek Adika dan Pemadam Kebakaran Sigap Padamkan Kobaran Api di Kebun Jati di Desa Pacung

Kapolsek Tejakula jajaran Polres Buleleng AKP Nyoman Adika bersama anggota dengan sigap mendatangi TKP kebakaran lahan kebun jati di Dusun Alas Sari Desa Pacung

Balinetizen.com, Buleleng

Kapolsek Tejakula jajaran Polres Buleleng AKP Nyoman Adika bersama anggota dengan sigap mendatangi TKP kebakaran lahan kebun jati di Dusun Alas Sari Desa Pacung Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali pada Selasa (24/9) sekitar Pukul 11.00 Wita.

Kronologis kebakaran berdasarkan keterangan beberapa orang saksi, diantaranya saksi Gede Kardi, disebutkan bahwa api sudah diketahui besar dimulai dari arah utara ( sebelah selatan masjid)  ke selatan. Setelah diketahui adanya kebakaran, maka warga beramai ramai berusaha memadamkan api. Namun karena banyak titik api, sehingga sulit dipadamkan dan apipun menjalar cepat karena banyak rumput kering dan daun kayu jati kering.

Sementara itu dari sisi lain, saksi Nyoman Arsa Mursa menyampaikan sekitar Pukul 10.30 Wita saat ada di dalam rumah sedang bekerja membuat konsen,  tiba-tiba saja melihat asap mengepul di sebalah timur rumahnya. Iapun langsung keluar menengok api sudah besar yang berjarak 100 meter dr rumahnya. Dengan adanya hal ini, iapun menginfokan lewat group WA sekeha poleng. Dikatakan ada kebakaran. Info inipun membuat banyak warga yang datang dan berusaha memadamkan api bersama Kadus Alasari. Dan wargapun menghubungi Mapolsek Tejakula serta pemadan kebakaran (Damkar) Buleleng Timur.

Selanjutnya saksi Wayan Nawa memberikan keterangan sekitar Pukul 11.00 Wita diberitahu oleh istrinya bahwa ada api dari timur laut. Dirinya melihat dan mencoba mematikan api, namum tidak bisa karena api cepat menjalar diakibatkan daun jati yang kering dan  banyak rumput yang kering

Adapun Luas lahan jati yang terbakar sampai saat ini di perkirakan 4.20 Ha. Adapun pemilik lahan pohon jati yang terbakar, Wayan sudiarsa 2.70 Ha, Gusti nyoman sweca 1Ha, Wayan Sukrada 3 are, Mangku Durus 2 are, Mangku Nadi 30 are, Jro Mangku Sriana 10 are, Wayan Nawa 5 are.

Baca Juga :
Presiden Jokowi Bertolak ke Bali untuk Tinjau Vaksinasi Massal

Sekitar Pukul 12.00 wita 1 unit pemadam kebakaran tiba di lokasi TKP dan saat ini mesih berusaha melakukan pemadaman

Di lahan pohon jati yang terbakar hanya dauh pohon jati yang kering yang berada di tanah serta rumput kering dan ada beberapa kayu jati yang sdh di potomg menjadi balok sehingga diperkirakan kerugian mencapai 2.juta rupiah.

Untuk penyebab kebakaran masih dalam proses lidik namun berdasarkan ketarangan kadus Bd. alasari bahwa pada musim kemarau ( kering) kebiasaan petani di kebunnya  bersih bersih rumput yang kering dan liar serta daun yang kering selanjutnya di bakar kemungkinan ada petani yang membakar rumput namun tdk di tungguin karen angin kecang api cepat menjalar.

Berkat Kesigapan anggota Kapolsek Tejakula dan anggota yg dibantu masyaraka dan pemadam Api secara keseluruhan dapat dipadamkan pukul 13.56 wita.

Saat dikonfirmasi dilokasi kebakaran Kapolek Tejakula AKP Nyoman Adika “Membenarkan kejadian tersebut dan kini anggota kami masih mengamankan TKP dan memeriksa keterangan saksi saksi dilapangan sehingga dapat mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut” pungkas Kapolsek Adika seijin Kapolres Buleleng. GS

Leave a Comment

Your email address will not be published.