Pemkot Denpasar Gelar Puncak Kampanye “Gemar Ikan”

Avatar

Foto : Puncak Kampanye Gemar Ikan di Kota Denpasar yang diisi dengan kegiatan PMTAS dan Germas. Dihadiri Ketua Forikan Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, Ketua Forikan Kota Denpasar, Ny I.A Selly Dharmawijaya Mantra, Ketua WHDI Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Asisten Pemerintahan dan Kesra, I Made Toya, Anggota DPRD Denpasar, OPD terkait di Pemkot Denpasar, Selasa (24/9)

Sinergikan PMTAS, Edukasi Masyarakat Konsusmsi Ikan dan “Germas”

 (Balinetizen.com) Denpasar –

Gerakan Gemar Makan Ikan di Kota Denpasar terus disosialisasikan Pemkot Denpasar melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar di empat kecamtan. Pada Selasa (24/9) sebagai puncak kampanye Gemar Ikan di Kota Denpasar dipusatkan di Kelurahan Pemecutan yang melibatkan 300 siswa sekolah dasar, siswa Taman Kanak-Kanak, Ibu PKK, hingga kelompok budidaya ikan. Kegiatan ini dihadiri Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, Ketua Forikan Kota Denpasar, Ny I.A Selly Dharmawijaya Mantra, Ketua WHDI Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Asisten Pemerintahan dan Kesra, I Made Toya, Anggota DPRD Denpasar, OPD terkait di Pemkot Denpasar.

Sosialisasi telah dilaksanakan sebelumnya lewat gerakan pemberian makanan tambahan berbahan ikan kepada anak-anak PAUD dengan menyasar 400 anak, serta menyasar siswa SD. Pada puncak pelaksanaan kampanye gemar ikan diisi dengan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan Serba Ikan (PMTAS) kepada siswa sekolah, lomba masak serba ikan untuk ibu pkk, dan siswa SD, lomba ngelilit sate ikan, lomba senam gemar ikan, mewarnai, lomba memilih bahan ikan, pameran budidaya ikan air tawar, pemberian ikan air tawar gratis serta pengukuhan Forikan di empat Kecamatan.

Ketua Forikan Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra mengajak siswa sekolah dan masyarakat yang hadir untuk terus menggelorakan dan mengkonsumsi makanan serba ikan setiap harinya. Hal ini untuk menunjang kesehatan bagi keluarga serta memberikan makanan tambahan kepada siswa sekolah yang setiap tahun digelar Pemkot Denpasar. “Setiap tahun Pemkot Denpasar memberikan sosialisasai dan kegiatan inovasi kepada siswa sekolah agar gemar mengkonsumsi ikan yang tentunya tak terlepas dari dorongan orang tua masing-masing,” ujar Ny. Selly. Lebih lanjut menurutnya bahwa masyarakat Denpasar rata-rata menggeluti pekerjaan kantoran sehingga diharapkan kepada orang tua agar menyiapkan makanan serba ikan untuk dapat dikonsumsi kepada keluarganya termasuk anak-anaknya. Disamping itu sebagai Ketua Forikan Kota Denpasar dan juga sebagai Duta Germas Kota Denpasar bersama bersinergi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Perikanan dalam mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).  “Bagaimana kegiatan Germas tersosialisasikan dengan kegiatan mengajak seluruh masyarakat untuk rutin melakukan gerakan fisik kesehatan, mengkonsumsi buah-buahan dan sayur, lingkungan bersih, memberantas sarang nyamuk, sehingga tindakan sehari-hari ini di rumah agar memasyarakat hidup sehat,” ujarnya. Kegiatan sosialisasi kepada siswa PAUD dan sekolah-sekolah agar terus dilakukan bersama lewat sinergi. Karena ikan banyak mengandung vitamin diantaranya Omega 3 untuk daya ingat anak hingga meningkatkan status gizi anak-anak sekolah. “Mari bersama-sama masyarakat dan instansi terkait terus kita sosialisasikan gemar ikan di masyarakat,” ajak Ny. Selly.

Sementara Ketua Forikan Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster mengajak seluruh masyarakat dan siswa sekolah untuk gemar makan ikan. “Karena anak-anak yang mengkonsumsi ikan menjadi anak yang sehat, kuat dan cerdas, sehingga diharapkan kepada orang tua meningkatkan asupan makanan ikan kepada putra-putrinya dirumah,” ujarnya. Disamping itu anak-anak di perkotaan sangat penting diberikan asupan makanan ikan yang sering di berikan makanan siap saji yang sangat mempengaruhi kesehatan anak-anak kita bersama. “Anak-anak agar mengihindari membeli makan yang mengandung pengawet dan penyedap terutama siap saji yang tidak sehat untuk tubuh kita,” ujarnya sembari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pertanian yang telah terus mensosialisasikan gemar ikan kepada masyarakat.

 

Sumber : Humas Pemkot Denpasar

Baca Juga :
Dirut RSD Mangusada Jelaskan Pembagian Jaspel Sesuai dengan Perbup

Leave a Comment

Your email address will not be published.