SMPN 2 Semarapura mewakili Kabupaten dalam LSS Tingkat Provinsi

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menerima rombongan Tim Penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi yang dipimpin Drs. I Wayan Yudha, M. Ag. di SMPN 2 Semarapura pada Rabu (25/09/2019)

 (Balinetizen.com) Klungkung –

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta Mewakili Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima rombongan Tim Penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi yang dipimpin Drs. I Wayan Yudha, M. Ag. di SMPN 2 Semarapura pada Rabu (25/09/2019).

Kepala SMPN 2 Semarapura Ida Bagus Astawa melaporkan agar suatu usaha dapat terlaksana dengan baik, perlu adanya pondasi yang menjadi landasan berpikir dan bergerak, yaitu suatu kerangka dasar pelaksanaan program UKS yang berselaras dengan kerangka dasar pelaksanaan program UKS yang berselaras dengan program Sekolah yaitu UKS BERKARAKTER sebagai Brand UKS SMP N 2 Semarapura.

 

Adapun motto UKS SMPN 2 Semarapura adalah SARIRA PRATYAKSA MAHOTTAMA merupakan landasan dalam mewujudkan visi misi Usaha Kesehatan Sekolah SMP Negeri 2 Semarapura. Sarira Pratyaksa Mahottama memiliki artiusaha memelihara diri dan linhkungan dengan baik menuju kesempurnaan.

 

SMP Negeri 2 Semarapura dalam bidang pelayanan kesehatan, mempunyai program unggulan yakni memberikan informasi kepada teman, masyarakat Klungkung mengenai penyakit kanker (Cesar Clinic), kantin sehat,  Sapu Bersih Lingkungan (Sapu Bersih Lingkungan).

Pada bidang program kelompok Kerja Peduli Lingkungan, SMPN Negeri 2 Mempunyai program yakni  Sister Plans yakni Program usaha mengembangkan lingkungan sehat nan asri serta mensukseskan program satu orang satu pohon, Merancang pola tanaman verthical Garden dan Hanging Garden untuk menghasilkan oksigen pada bangunan sekolah berlantai dua.

Pada bidang tanaman kesehatan, SMP N 2 Semarapura mempunyai Tanaman Obat Sekolah (TOS) berjumlah 102 jenis tanaman obat yang dilengkapi dengan nama tanaman dan kegunaannya.

Pada bidang pengolahan sampah, SMP N 2 Semarapura, sudah menerapkan  Program Pemerintah kabupaten Klungkung yakni Sekolah Nol Sampah, yang diimplementasikan pada ekstrakulikuler dan Program Kerajinan Bank Sampah Olahan Kompos, Lubang Daur Ulang Sampah (Ke Bangkok Bersama Bang Daus). Dan berbagai bidang kesehatan/program kesehatan yang menunjang kesehatan Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Pegawai di SMP N 2 Semarapura.  

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyampaikan sudah sepantasnya kita bersama-sama mensinergikan pikiran dan tenaga untuk bersama-sama menjaga dan melaksanakan pola hidup sehat dalam keseharian, dan di Sekolah hal itu dapat terwujud melalui Usaha kesehatan Sekolah (UKS) yang terdiri dari Trias UKS, yakni Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah sehat.

Program Gema Santi yang dimiliki Oleh Pemkab Klungkung telah melahirkan beragam inovasi diberbagai bidang yang diterapkan oleh berbagai lembaga baik OPD maupun sekolah-sekolah di Kabupaten Klungkung.

Salah satu program Gema santi yang diterapkan oleh sekolah yakni S0S, Sekolah Nol Sampah merupakan Inovasi dimana generasi muda diedukasi untuk melakukan pembiasaan pola hidup sehat khususnya dalam memberdayakan Sumber Daya Manusia untuk mengolah sampah yang dihasilkan secara mandiri.

 

“Melalui lomba ini, semoga dapat membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat serta menumbuhkan kreativitas Sumber Daya manusia dalam memupuk jiwa entrepreneur dalam bidang pengolahan sampah dan kegiatan akademik serta non-akademik lainnya,” Harap Bupati Suwirta.   

 

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyampaikan rasa bangga kepada SMPN 2 Semarapura karena sudah mempunyai Tanaman Obat Sekolah, dan menambahkan agar nama Tanaman Obat Sekolah sesuai namanya dalam bahasa Bali agar mempermudah dalam mencari tanaman obat dari sisi pengobatan Tradisional.

Sambutan Ketua Tim Pembina UKS/M Provinsi Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati yang dibacakan Ketua Tim Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019 Drs. I Wayan Yudha, M. Ag. dalam sambutannya menyampaikan pengembangan pelaksanaan kegiatan yang kreatif dan inovatif dengan berlandaskan Genuine Bali mampu memberikan sinergitas dalam pengembangan program terintegrasi guna mendorong pelaksanaan program Usaha Kesehatan Sekolah/madrasah yang mandiri, professional dan terintegrasi di daerah serta meningkatkan pembinaan, pengembangan dan evaluasi pelaksanaan program sehingga dapat memberikan motivasi bagi setiap sekolah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas anak didik.

Baca Juga :
MK bacakan putusan uji materi batas usia capres dan cawapres hari ini

 

“Semoga melalui lomba sekolah sehat ini, banyak muncul terobosan yang kreatif dan inovatif dalam rangka menggali serta memanfaatkan sumber daya yang ada secara optiumal di sekolah sebagaibagian dari sarana pembinaan, pengembangan dan evaluasi pelaksanaan program UKS/M berkarakter” harap Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

Lebih lanjut Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menyatakan dalam mengembangkan UKS/M yang melibatkan 4 dimensi yaitu Olah hati/ etik, Olah Pikir/literasi, Olah rasa/estetika dan olah raga/kinestetik yang dijabarkan melalui 5 nilai utamanya yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas dengan berlandaskan tatanan kehidupan masyarakatBali yang sejalan dengan visi misi Pembangunan Pemerintah Provinsi Bali yakni, Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, sehingga mmapu memberikan solusi dari permasalahan yang ada dimasyarakat dalam mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.  

Kegiatan tersebut diawali dengan penampilan tarian mascot SMPN 2 Semarapura dan penampilan lainnya. Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Dewa Gde Darmawan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung Ni Made Adi Swapatni dan  Camat Klungkung Komang Gede Wisnuadi, beserta undangan terkait lainnya. 

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Leave a Comment

Your email address will not be published.