Terpilih Ketua Alumni Lemhanas Angkatan Gelombang 2 DPR RI : Sudirta Upayakan Jadi Lobi Perekat Kebangsaan

Wayan Sudirta, SH, Anggota DPR RI terpilih 2019 dari Dapil Bali,
Balinetizen.com, Jakarta
Di tengah-tengah situasi kebangsaan yang belakangan ini mengalami inharmoni, antara lain karena menguatnya isu dan wacana sektarian dan primordial, Wayan Sudirta, SH, Anggota DPR RI terpilih 2019 dari Dapil Bali, menyatakan akan berusaha maksimal, agar atas kepercayaan terhadap dirinya sebagai Ketua Alumni Lemhanas Angkatan Gelombang 2 DPR RI Periode 2019-2024, bisa bermanfaat bagi persatuan, kebhinekaan dan perekat kebangsaan. Ia akan berusaha menjadikan ikatan alumni Lemhanas Angktan
Gelombang 2 ini sebagai media untuk mengkomunikasikan isu-isu kebangsaan, karena semua partai bagaimanapun pasti punya misi untuk menyuarakan aspirasi rakyat khususnya para konstituennya.
Sudirta mengatakan hal itu, ketika ditemui di sekitar lapangan Renon, usai olahraga sore, yang dilakukannya tiap kali berada di Denpasar, kemarin.
‘’Saya berterimakasih kepada rekan-rekan Alumni Lemhanas dari berbagai partai dan berbagai daerah yang secara aklamasi menunjuk saya sebagai Ketua Alumni Angkatan,’’ katanya.Sebelumnya, Sudirta juga dipilih menjadi Kelompok melalui musyawarah,’’ katanya.
Sebagai ketua, kepengurusan Alumni diisi sejumlah tokoh lintas partai. Sebagai Sekretaris adalah Yusid Toyib, Wakil-wakil Ketua: Herman Heron, Achmad Dimyati,, Eddy Soeparno, K.H. Maman Immanulhaq dan Rahmat Harjono.
Sementara Pembina  ada Letjen (Purn) Agus Wijoyo, Marsekal Madya Wieko Sofyan, Komjen Mochammd Iriawan, Deputi Taplaikbs Lemhanas RI dan Para Direktur Taplaikbs Lemhanas RI.
Sudirta mengaku mendapat banyak informasi dan wawasan selama 10 hari mengikuti pemantapan di Lemhans, yang diikuti oleh Anggota DPR RI terpilih dalam Pileg 2019 ini. Kata Sudirta, di forum Lemhanas tersebut, para peserta yang berasal dari berbagai partai tersebut, selalu bicara tentang 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan kebhinnekaan.
Kalau dikerucutkan lebih tajam, semua partai melalui perwakilannya di DPR sebenarnya bicara untuk kepentingan rakyat, dalam bingkai empat pilar kebangsaan tersebut. Namun, yang berbeda hanyalah gaya dan cara.
Oleh karenanya, Sudirta akan megupayakan Alumni Lemhanas Angkatan yang dipimpinnya di DPR bisa menjadi jembatan untuk membicarakan masalah-masalah untuk mencari solusi, bukan berdebat menang-menangan. Sebab, kalau dirujuk secara historis, ketika para pendiri bangsa menyepakati Pancasila sebagai dasar negara dengan menghapuskan 7 kata dalam ‘’Piagam Jakarta’’ , mereka memberikan contoh satu bentuk diskusi yang mencari solusi, dan itulah yang menjadi dasar negara Republik Indonesia sekarang.
Sudirta punya keyakinan, mengingat para alumni Lemhanas Angkatan Gelombang 2 yang dipimpinnya sama-sama berada di DPR RI nantinya, masalah-masalah yang masih menjadi ganjalan di masyarakat, bisa dikomunikasikan dengan baik.
Walaupun tentu saja setiap anggota akan mengikuti instruksi partai yang menjadi induk kehadirannya di DPR, tetapi kalau diurai dengan jernih, setiap partai pasti mewakili aspirasi rakyat yang memilihnya.
Dan rakyat manapun di Indonesia pasti mengharapkan kesejahteraan, keadilan, kedamaian, kerukunan, keamanan, kenyamanan. Tidak mungkin ada rakyat yang bisa menikmati kehidupan yang tidak damai, penuh konflik, ketegangan dan ketidakpastian,’’ katanya.
Sudirta merujuk pada contoh, bagaimana bangsa Jepang yang secara individual tidak seunggul bangsa-bangsa Eropa, tetapi bangsa Jepang unggul dalam kerjasama. Dan itulah yang menjadi modal Jepang bangkit dari kekalahan dalam Perang Dunia II. Indonesia sebetulnya punya nilai-nilai kegotongroyongan, yang tinggal diaplikasikan semaksimal mungkin.
Dan sangat potensial membawa bangsa Indonesia sebagai bangsa dan negara maju, kalau tidak ada hambatan dan kendala-kendala lain seperti yang selama ini terjadi, seperti korupsi,gangguan pada Pancasila, Konstitusi, NKRI dan kebhinnekaan. Editor : Sutiawan
Baca Juga :
Ny Putri Koster Ajak Anggota WHDI untuk Berkreasi dan Berinovasi di Tengah Pandemi

Leave a Comment

Your email address will not be published.