Korut Nyatakan Berhasil Uji Coba Rudal Balistik dari Kapal Selam

Avatar

Orang-orang menonton TV yang menunjukkan gambar peluncuran rudal Korea Utara selama program berita di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, 10 September 2019. (Foto: AP/Ahn Young-joon)

Korea Utara, Kamis (4/10), mengatakan pihaknya telah sukses menguji sebuah misil balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Uji coba tersebut dilakukan di lepas pesisir timurnya pada Rabu. Adapun tujuan dari uji coba ini adalah untuk membendung ancaman dari luar sekaligus meningkatkan kemampuan bela dirinya.

Peluncuran ini berlangsung sehari setelah diumumkan dimulainya kembali pembicaraan dengan Amerika Serikat seputar pengakhiran program nuklirnya. Hal ini dinilai oleh analis sebagai uji paling provokatif oleh Korea Utara sejak dimulainya pembicaraan dengan Amerika pada 2018.

Misil balistik jenis baru ini dinamakan Pukguksong-3 dan “ditembakkan secara vertikal,” demikian menurut kantor berita Korea Utara KCNA. Hal ini mengkonfirmasi kajian militer Korea Selatan pada Rabu bahwa misil ini dilontarkan.

“Uji penembakan misil balistik jenis baru ini punya makna yang besar karena ini merupakan tahap baru dalam membendung kekuatan luar dan ancaman terhadap Republik Rakyat Demokratik Korea, dan mendorong lebih jauh kekautan militernya untuk bela diri,” demikian menurut KCNA. [jm/pp] (VOA)

Baca Juga :
Bali Skinhead Jambore #5, Hilangkan Stigma Negatif Punk dan Tato

Leave a Comment

Your email address will not be published.