Kebakaran Hutan Lereng Gunung Agung Api Masuk ke Areal Pura Madia Dukuh Bujangga

Avatar
Keterangan Poto : Api kebakaran hutan merembet hanguskan banguna pelingih pura madia Dukuh Bujangga
Balinetizen.com, Karangasem
Titik api kembali terpantau muncul sore ini dikawasan hutan lindung Gunung Abang wilayah Dusun Pucang, Desa Ban, Kubu Karangasem pada Jumat (04/10/2019).
Parahnya, angin yang berhembus cukup kencang membuat api dengan cepat merembet hingga membakar areal Pura Madia Dukuh Bujangga.
Informasi yang diperoleh, api membakar sejumlah bangunan pelinggih yang ada di dalam Pura tersebut seperti bangunan Meru Tumpang Solas, Meru Tumpang Pitu, Meru Tumpang Telu, Bale Pesamuhan, Bangunan Padmasana, Bangunan Gedong emoat buah beserta satu buah Prasasti.
“Ya benar, api sudah masuk kedalam areal pura dan membakar sejumlah bangunan pelinghih,” kata Sekretaris BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana membenarkan peristiwa tersebut ketika dikonfirmasi.
Dikatakan Eka Putra, api oertama kali terlihat dikawasan tepat diatas Pura Madia sekitar pukul 14.00 wita. Kemungkinan karena angin kencang api dengan cepat merembet hingga keareal Pura tersebut.
Sementara itu, warga yang bisa menjangkau lokasi berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya serta membuat skat api. Api sejauh ini masih berada sekitar dua kilometer dari pemukiman warga.
Dari pantauan terakhir hingga malam ini, terdapat sebanyak empat titik api masih menyala dikawasan hutan lindung tersebut. (SUA)
Baca Juga :
Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo di Denpasar Berjalan Lancar : Jajaran Pemkot Ucapkan Terimakasih Kepada Semua Pihak

Leave a Comment

Your email address will not be published.