Denpasar Dinobatkan Kota Terinovatif se Indonesia

Foto : Walikota Rai Mantra menerima penghargaan IGA 2019 yang diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Senin (7/10)
Dalam Ajang Innovative Goverment Award 2019 Oleh Kemendagri
(Balinetizen.com)Denpasar-
Pemerintah Kota Denpasar kembali meraih penghargaan tingkat nasional, dan meraih  peringkat pertama dibidang inovasi untuk kategori pemerintah kota se-Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam ajang Innovative Goverment Award 2019. Penghargaan ini semakin menegaskan bahwa Kota Denpasar sebagai kota inovatif dan menyandang gelar  sebagai kota terinovatif di Indonesia.   Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo kepada Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra pada acara anugerah  Innovative Government Award (IGA) 2019 di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Senin malam (7/10). Penghargaan  ini menjadikan Denpasar sebagai satu satunya daerah di Bali yang meraih penghargaan IGA, dan nantinya Denpasar akan mendapatkan dana insentif sebesar Rp. 9 miliar
“Syukur di kompetisi IGA Award 2019 ini Kota Denpasar mampu meraih peringkat pertama dalam bidang pemerintahan kota terinovatif. Ini menjadi buktibahwa pelayanan Pemkot Denpasar semakin cepat, transparan, efisien dan inovatif.  Semoga Inovasi tersebut  dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujar Walikota Rai Mantra usai menerima penghargaan.
Rai Mantra berharap, kedepan secara keberlanjutan dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang mampu mempermudah pelayanan bagi masyarakat Kota Denpasar.   “Untuk itu, kami mendorong OPD agar dapat terus berinovasi, serta berharap Inovasi harus terus lahir di Kota Denpasar,” ujarnya. Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan tertinggi  yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi atas inovasi yang telah berhasil dilakukan. Penghargaan tersebut agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten/kota dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.   Hingga saat ini, Pemkot Denpasar memiliki berbagai inovasi.  Inovasi yang pertama dibuat Pemerintah Kota Denpasar dalam masa kepemimpinan Walikota Rai Mantra dan Wakil Walikota, I GN Jaya Negara adalah Sewaka Dharma. Inovasi ini  dibentuk pertama untuk merubah mindseat PNS dari dilayani menjadi melayani. “Sewaka Dharma itu berarti melayani adalah kewajiban,” ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut Rai Mantra juga menjelaskan bahwa motto Sewaka Dharma menjadi pondasi awal dalam membangun inovasi fisik berikutnya, yakni dengan membangun Gedung Sewaka Dharma dengan konsep pelayanan terpadu  satu pintu. Inovasi terus dilakukan untuk membantu dan bermanfaat kepada masyarakat, diantaranya mall pelayanan publik, Pengaduan Rakyat Online (Pro Denpasar), Revitalisasi Pasar Tradisional, Penataan Sungai, inovasi Damakesmas dan call center serta berbagai inovasi lainnya. “Tidak hanya inovasi, tetapi kita mengajak masyarakat untuk mandiri dan bersama membangun Kota Denpasar,” kata Rai Mantra.
Dalam penyerahan penghargaan tersebut, Rai Mantra juga didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara serta pimpinan OPD terkait lainnya.
Sumber : Humas Pemkot Denpasar
Baca Juga :
Presiden Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa bagi 71 Tokoh

Leave a Comment

Your email address will not be published.