Bupati Suwirta Ingin Desa di Kabupaten Klungkung Menjadi Desa Mandiri

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengadakan rapat terkait menggali potensi Desa bertempat di Ruang rapat kantor Bupati Klungkung pada rabu (16/10/2019).

 (Balinetizen.com) Klungkung –

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengadakan rapat terkait menggali potensi Desa bertempat di Ruang rapat kantor Bupati Klungkung pada rabu (16/10/2019).

Rapat diadakan dalam rangka ingin mendekatkan antara aparat Desa Dinas dan Desa Adat dengan pemerintah daerah terkait menggali Potensi yang ada di Desa di wilayah Kabupaten Klungkung yang difasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan.

“Aparat Desa Dinas dan Desa Adat dapat secara proaktif dalam mengusulkan proposal mengenai potensi Desa dengan difasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan setempat,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta berkeinginan agar antara Perbekel dan Bendesa di Desa dapat menjadi satu kesatuan dalam hal membangun desanya, sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Kedepan Bupati Suwirta akan mengumpulkan aparat Desa Dinas dan Desa Adat dengan tujuan memberikan ruang kepada aparat Desa Dinas dan Desa Adat untuk mengajukan   skala prioritas pembangunan, termasuk perencanaannya. Bupati Suwirta meminta aparat Desa adat dan Dinas agar dalam mengusulkan skala Prioritas Pembangunan dengan konsep Bottom Up.

Hal ini dilatarbelakangi karena selama ini Bupati Suwirta turun ke desa-desa melalui Program Bedah Desa, banyak menemukan potensi yang ada di Desa. “Sekarang giliran Aparat Desa Dinas maupun adat untuk mengajukan usulan ke Pemkab Klungkung mengenai skala Prioritas yang akan dibangun di desa tersebut” tambah Bupati Suwirta.

“saya ingin kedepan Desa dapat menjadi Desa mandiri yang dapat mengelola potensi yang dimiliki dan Bumdes secara baik”.

Dalam Rapat tersebut, Bupati Klungkung menugaskan Dinas Pariwisata kabupaten Klungkung untuk berkonsentrasi kepada pengembangan desa wisata, termasuk dalam hal membuat event yang mengangkat potensi Desa.

Baca Juga :
Menabung kalsium mulai usia 20-30 tahun demi cegah osteoporosis

Rapat tersebut dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, Kepala Dinas Pariwisata I Nengah Sukasta, Camat Banjarangkan I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Camat Klungkung I Komang Gde Wisnuadi, CAmat Dawan AA Putra Wedana dan instansi terkait lainnya.

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Leave a Comment

Your email address will not be published.