Dipancing Kera Betina, Kera Liar “Luluh”

Keterangan foto: Seekor kera liar ditangkap di rumah Ni Ketut Nariati, Warga Lingkungan Satria, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Kamis (17/10) siang/MB

(Balinetizen.com)  Jembrana –

Seekor kera liar akhirnya luluh setelah dipancing kera betina. Kera yang sempat meresahkan warga ini ditangkap di rumah Ni Ketut Nariati, Warga Lingkungan Satria, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Kamis (17/10) siang.

Sebelumnya kera berjenis kelamin jantan ini sempat membuat pegawai di lingkup Pemkab Jembrana resah dan ketakutan. Diduga hendak mencari makanan kera ini dengan tiba-tiba berada dibalik jendela.

Warga Lingkungan Tengah, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara juga sempat dibuat repot. Pasalnya kera ini berkeliaran dari satu rumah ke rumah lainnya bahkan hingga masuk ke dapur warga.

“Kita tangkap tadi siang di rumah Nariati di Pendem” ujar Gusti Ngurah Rai Mulyawan, Kabid Keswan pada Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana, Kamis (17/10).

Menurutnya kera liar itu ditangkap dengan cara dipancing dengan kera betina milik Nariati. “Kera betinanya kita taruh didalam kandang dikasi makanan. Ternyata berhasil, kera liarnya langsung masuk ke dalam kandang” jelasnya.

Supaya tidak lepas (kabur) dan menggigit, kera tersebut kemudian diberikan suntikan bius oleh petugas. Selanjutnya kera itu dibawa untuk diserahkan ke BKSDA Jembrana.

“Nanti disana (BKSDA) dilakukan karantina sebelum dilepas ke habitatnya” imbuhnya.

Sementara itu Ni Ketut Nariati mengaku tidak tahu kapan kera tersebut datang. Yang ia tahu kera itu sering memanjat pohon dan mendekati kera betina peliharaannya. “Karena sering disini saya laporkan ke kelurahan” ujarnya.

Pewarta: Komang Tole
Editor: Hana Sutiawati

Baca Juga :
Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Hingga 1,1 km

Leave a Comment

Your email address will not be published.