Wabup Kasta Minta Penjuru Dinas dan Adat Bersatu Membangun Desa

Rapat Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2019 di Ruang Rapat Kantor Camat Dawan, Jumat (18/10/2019) Pagi.

 

Klungkung (Metrobali.com)-

Setelah melakukan monev di Kecamatan Banjarangkan, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung Ida Bagus Ketut Mas Ananda kembali menghadiri Rapat Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2019 di Ruang Rapat Kantor Camat Dawan. Turut hadir seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Dawan, Perangkat Desa, BPD, dan Lembaga Kesmayarakatan Desa serta undangan lainnya, Jumat (18/10/2019) Pagi.

Dalam arahannya Wabup Kasta mengatakan, evaluasi ini bisa menjadi wadah berdiskusi untuk saling memahami dan memperoleh formulasi yang tepat dan efektif, sehingga menentukan rangkaian arahan kebijakan pembinaan serta pengawasan terhadap pelaksanaan tata kelola pemerintah desa yang transparan, profesional, dan dipertanggungjawabkan. “Untuk pemerintahan Desa Kusamba dan Desa Besan sudah berjalan dengan baik, untuk kedepannya hal seperti ini harus terus dijaga dan ditingkatkan terutama prajuru dinas dan adat harus bersatu untuk membangun desa dengan sebaik-baiknya,” pinta Wabup Kasta.

Lebih lanjut, Wabup Kasta mengingatkan kepada seluruh perangkat desa bisa selalu berhati-hati di dalam menggunakan anggaran desa. “Jalankan program yang sudah direncanakan dengan niat yang tulus dengan melaporkan capaiannya dan jangan sampai ada yang melanggar aturan yang sudah berlaku,” harap Wabup Kasta.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan I Gusti Gede Gunarta mengatakan dari empat bidang yang dimonitoring kemarin yakni, Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Kemasyarakatan, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa dan Bidang Pemberdayaan Desa rata-rata sudah berjalan dengan baik. Adapun tujuan dilaksanakannya Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa ini yakni untuk mengetahui perkembangan dari Aspek Perencanaan, Organisasi Kelembagaan Pemerintahan Desa, Akuntabilitas kinerja, Capaian kinerja, Evaluasi dan pelaporan. Dimana kemarin tanggal (18/10) sudah dilakukan monitoring di Kantor Perbekel Desa Kusamba dan di Kantor Perbekel Desa Besan yang dijadikan sample untuk monitoring dan evaluasi.

Baca Juga :
Walikota Paparkan Strategi One Health Kota Denpasar Saat Zoom Meeting Dengan WHO

Selain itu, I Gusti Gede Gunarta juga menambahkan untuk dibidang Administrasi penyelenggaraan pemerintahan desa sudah berjalan dengan baik, Mekanisma pemerintahan desa sudah berjalan dengan baik, Peraturan tata tertib sudah dilengkapi. “Kedepannya pemerintahan desa supaya memanfaatkan teknologi dalam penyelenggaran pemerintahan dan jalin hubungan yang baik antar pemerintahan desa dengan BPD,” ujar I Gusti Gede Gunarta.

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Leave a Comment

Your email address will not be published.