Jaminan Reklamasi, Cara Pemerintah Selamatkan Lahan Pasca Penggalian

Avatar

Balinetizen.com, Karangasem

Cara pemerintah agar para pengusaha Galian C bertanggung jawab untuk pemulihan lahan pasca dilakukan penambangan yaitu dengan cara mewajibkan para Pengusaha memenuhi jaminan reklamsasi.

Jaminan reklamsai ini menjadi salah satu syarat wajib untuk dipenuhi disamping sertifikat lahan yang selama ini dikatakan oleh sejumlah pengusaha menjadi kendala dalam pengurusan ijin usaha galian bersangkutan di tingkat Provinsi.

Seperti yang dijelaskan oleh Kasi Pertambangan ESDM Provinsi Bali, I Nyoman Wiratma beberapa waktu lalu ketika bertemu dengan puluhan pengusaha galian C diruang rapat DPRD Kabupaten Karangsaem. Menurut Wiratma jaminan reklamasi ini bukan menjadi instrumen yang menghambat proses perijinan. Melainkan dengan jaminan reklamasi inilah cara pemerintah sebagai upaya filter untuk memperbaiki lingkungan yang telah dieksploitasi untuk generasi berikutnya agar alam tidak ruasak dikemudian hari.

“Ini juga sebagai jaminan, apabila pengusaha bersangkutan setelah melakukan penggalian langsung pergi, jadi dengan jaminan ini pemerintah yang nantinya akan lakukan reklamasinya,” kata Wiratma dihadapan sejumlah pengusaha tersebut.

Jumlah jaminan yang harus dipenuhi oleh pengusaha yaitu, rata – rata Rp. 20 juta untuk satu hektar lahan yang digali. Jika dibandingkan dengan yang sebelumnya, nominal jaminan sudah melalui analisa dengan menggunakan prameter paling bawah atau terkecil.

Meski demikian, kendati besaran jaminan reklamsi tersebut sudah melalui  analisa parameter terkecil, namun masih ada sejumlah keluhan dari pengusaha terkait dengan besaran jaminan reklamasi ini. Bahkan para pengusaha bernegosiasi agar jamina reklamasi ini bisa dibayar dengan cara dicicil atau dibayar secara bertahap.

“Ini sudah melalui analisa dengan menggunakan prameter paling bawah, kami tidak berani persepsikan berbeda lagi terkait dengan jaminan reklamasi,” ujar Wiratma. (SUA)

Baca Juga :
Bupati Eka Bacakan LKPJ Bupati T.A 2020 Dalam Sidang Paripurna  DPRD Tabanan

Leave a Comment

Your email address will not be published.