Jelang Pelantikan Presiden, Kedubes AS di Jakarta Keluarkan Peringatan

Avatar
ads

Demonstran anti-pemerintah memegang bendera AS ketika mereka berbaris dalam protes menentang permohonan hukum darurat di Hong Kong, Cina, 14 Oktober 2019. (Foto: Reuters / Ammar Awad)

Menjelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Jakarta, hari Minggu (20/10), Kedutaan Besar Amerika di Jakarta hari Jum’at (18/10) mengeluarkan peringatan bagi warganya yang berada di Indonesia.

Dalam peringatan yang dipasang di situs Kedubes AS itu disampaikan bahwa “polisi telah mengumumkan tambahan personil keamanan untuk mengamankan lokasi-lokasi terkait pelantikan dan lokasi lain di sekitar Jakarta.” Ditambahkan pula, “demonstrasi mungkin terjadi di lokasi-lokasi terkait pelantikan dan lainnya di Jakarta, dan berpotensi terjadi di kota-kota lain, yang mungkin menimbulkan gangguan lalu lintas.”

Peringatan yang dipasang di situs Kedubes AS menjelang pelantikan Presiden dan Wapres
Peringatan yang dipasang di situs Kedubes AS menjelang pelantikan Presiden dan Wapres

Untuk itu Kedubes AS di Jakarta meminta warga Amerika untuk menghindari daerah-daerah dimana pawai politik atau demonstrasi terjadi dan berhati-hati ketika berada di dalam kerumunan. Warga Amerika disarankan untuk menyimak laporan media, waspada dengan kondisi di sekitar dan senantiasa mempraktikkan kesadaran keamanan pribadi. Ditambahkan pula, “warga asing yang mengikuti aksi demonstrasi di Indonesia mungkin akan ditangkap atau dideportasi.”

Warga Amerika diminta mendaftarkan diri di “Smart Traveler Enrollment Program” STEP untuk mendapat informasi perkembangan situasi keamanan terkini, atau mengikuti Twitter dan Facebook Kedubes Amerika di Jakarta dan/atau Konjen Amerika di Surabaya. [em/ah]

Baca Juga :
Panglima TNI Tatap Muka Dengan Masyarakat Jaya Wijaya

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

In the news
Load More
ads