Peresmian Rumah Pintar Pemilu KPU Badung, Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2020

Anggota KPU RI Divisi Humas, Data Informasi dan Hubungan Antarlembaga Viryan bersama jajaran KPU Kabupaten Badung, KPU Provinsi Bali meresmikan Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Badung, Kamis (24/10).

 

Balinetizen.com, Mangupura

Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung diresmikan oleh anggota KPU RI Divisi Humas, Data Informasi dan Hubungan Antarlembaga, Viryan, Kamis (24/10). Kegiatan yang digelar di kantor KPU Badung, Jalan Kebo Iwa Nomor 39, Denpasar, tersebut turut dihadiri jajaran KPU Provinsi Bali, Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta, Kepala Kesbangpol Badung I Nyoman Suendi, Ketua Komisi I DPRD Badung I Wayan Regep, Bagian Humas Setda Badung, dan sejumlah sekolah.

Anggota KPU RI Divisi Humas, Data Informasi dan Hubungan Antarlembaga, Viryan, menyambut baik peresmian RPP KPU Badung tersebut. Apalagi digelar pentas seni anak disabilitas yang diharapkan mendorong semangat pemilih disabilitas guna Pilkada Serentak 2020. Dikatakan hal ini membuktikan keberpihakan nyata KPU terhadap para calon pemilih disabilitas, bahkan sebelum mereka didata. “Namun challenge Bali, termasuk Badung sebetulnya bukan sekadar RPP. Namun kami harapkan sebagai pintu informasi demokrasi bagi masyarakat eksternal di luar negeri, selain selama ini dikenal karena pariwisata dan budayanya,” ungkapnya mewakili Ketua KPU RI.

Diterangkan, pascapemilu 2019, KPU RI mendapat undangan dari berbagai negara. Terakhir di Moskow, Rusia. Meski sempat terjadi huru-hara usai pemilu, namun dunia internasional memandang hal itu bukan lagi terkait pemilu. Sebab pleno sudah dilaksanakan. “Jadi clear, bagi masyarakat internasional keberhasilan pemilu 2019 ini menarik untuk dipelajari,” terang putra Pontianak tersebut.

Sementara itu, Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta berterima kasih atas kehadiran KPU RI, KPU Provinsi Bali, Pemkab serta DPRD Badung, serta pihak sekolah. Sebab dalam momentum tersebut juga ditandatangani MoU kerja sama pembuatan Pojok Baca Pemilu dengan tiga sekolah, yakni SMK Pariwisata Dalung dan SMK PGRI 2 Badung. Sementara kerja sama dengan SLB Negeri 1 Badung dalam rangka sosialisasi ke pemilih disabilitas. “Kedepan, kami berencana merangkul semua sekolah setingkat SMA/SMK se-Badung didalam program pojok baca pemilu ini” katanya.

Baca Juga :
Atasi Darurat Sampah, Ny Putri Koster Gencar Kampanye Pengelolaan Berbasis Sumber

Khusus RPP, lanjut Kayun Semara sapaan akrabnya, didesain layaknya studio. Bahkan sudah dilakukan perekaman berkaitan dengan sosialisasi pemilu dengan mahasiswa di Bali, yakni KMHDI dan Muhammadiyah. Di dalam RPP juga terdapat Warung Pemilu, infografis, pilar demokrasi, maket tata cara pemilihan, hingga peralatan teleconference.

Di samping itu, pada pemilu 2019, pihaknya juga berinovasi dengan melaksanakan jambore pemilu melibatkan siswa pramuka, carnaval, duta demokrasi, sosialisasi kepada pemilih dari kaum marginal, hingga klub malam. “Jadi selain masyarakat bisa melihat miniatur program saat mengunjungi RPP, kami juga akan tetap mendatangi masyarakat dengan menyosialisasikan program. Sehingga kita harapkan pilkada Badung 23 September 2020 berjalan sukses,” katanya.

Dalam kesempatan itu, para undangan juga dibuat terpukau dengan penampilan siswa SLB Negeri 1 Badung yang mempersembahkan Tari Sekar Jepun dan persembahan lagu diiringi permainan angklung yang berkolaborasi dengan Ni komang Anggita Chandra Wilasita dari YPAC Bali. Sumber : Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.