Jadi Ibu Baru Tertua di China, Perempuan 67 Tahun Melahirkan Lagi

Seorang perawat merawat bayi-bayi yang baru lahir di sebuah rumah sakit di China, 21 April 2011.

Seorang pensiunan dokter China, usia 67 tahun, telah melahirkan di Kota Zaozhuang, demikian diumumkan rumah sakit di kota itu, Senin (28/10).

Perempuan itu, diidentifikasi hanya dengan nama belakangnya, Tian, melahirkan bayi perempuan yang sehat melalui operasi sesar pada Jumat (25/10) lalu. Ia kemungkinan menjadi ibu baru tertua di China.

“Anak itu dianugerahkan kepada kami berdua dari surga,” kata suami Tian, Huang, usia 68 tahun, kepada situs berita guancha.cn.

Berat lahir bayi itu 2,56 kilogram.

Tian mengikuti jejak sejumlah perempuan China berusia lanjut yang berusaha mendapat anak lagi setelah negara mencabut kebijakan satu anak pada 2016.

Pasangan ini sudah memiliki dua anak yang kini berusia dewasa, termasuk seorang putra yang lahir dua tahun sebelum kebijakan satu anak diberlakukan pada 1979. Belum diketahui apakah pasangan itu akan menghadapi konsekuensi karena melanggar aturan yang baru, hanya boleh mempunyai dua anak.

Media lokal berspekulasi, Tian menjadi perempuan tertua yang melahirkan di China. Rekor sebelumnya dipegang seorang perempuan berusia 64 tahun yang melahirkan bayi laki-laki pada 2016.

September lalu, Errant Mangy, yang berusia 73 tahun, melahirkan anak perempuan kembar hasil pembuahan in vitro di India selatan. Ia diyakini sebagai ibu baru tertua di dunia.[ka/pp] (VOA)

Baca Juga :
Pengguntingan Pita Oleh Bamsoet, Program JKJ Plus Diluncurkan

Leave a Comment

Your email address will not be published.