Pemkot Denpasar Latih PNS untuk Perencanaan

Diklat perencanaan untuk PNS di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar yang bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung, Jumat (1/11) di Bandung.

Denpasar (Metrobali.com)-

Penrencanaan mempunyai peran sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan. Karena ini merupakan kunci awal untuk setiap pelaksanaan pembangunan. Demikian disampaikan Kepala Bada Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Denpasar , I Putu Wisnu Wijaya Kusuma mewakili Walikota Denpasar di sela-sela menghadiri diklat perencanaan untuk PNS di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar yang bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung, Jumat (1/11) di Bandung.

“Baik tidaknya pembangunan yang dilaksanakan di Kota Denpasar ditentukan oleh penyusunan perencanaan yang tepat,” ujar Putu Wisnu. Tentunya dalam penyusunan perencanaan yang tepat sasasaran diperlukan sumber daya manusia (SDM) perencana yang mampu melaksanakan perencaan tersebut. Untuk itu Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya meningkatkan pengetahuan pegawai perencanan salah satunya melalui diklat ini. Diklat yang berlangsung selama empat hari diharapkan benar-benar dimanfaatkan para peserta untuk lebih mendalami bagaimana perencanaan yang benar.

Lebih lanjut Putu Wisnu menyampaikan dalam pelaksanaan perencanaan para pegawai perencanaan harus memahami pentingnya sebuah konsep. Mengingat konsep titik awal untuk meengarahkan pelaksanaan pembangunan. Sehingga kedepannya perencanaan yang dilaksanakan tidak lagi monotun. Untuk perumusan perencanaan pembangunan harus menyerap aspirasi masyarakat sebagai penerima manfaat dan aktor pembangunan. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan hak warga masyarakat juga dapat terpenuhi mengingat obyek pembanunan itu sendiri masyarakat.

Dekan Sekolah Arsitek Perencanaan dan Pembangunan Kebikan ITB Prof. Dr. Ing. Ir. Widjaja Martokusuma mengapresiasi Pemerintah Kota Denpasar yang telah memberikan kepercanaan kepada ITB untuk melatih perencanaan. Menurutnya pihak ITB sering dilibatkan dalam perencanaan pembangunaan dalam melakukan kajian akademis. Sehingga diharapkan melalui diklat ini diharapkan Pemerintah Kota Denpasar dapat melakukan perencanaan yang programnya nyambung dengan perencanaan pemerintah pusat maupun provinsi.Disamping itu perencanaan pembangunan harus mampu merencanakan pembangunan langsung dapat dilaksanakan oleh masyarakat. Termasuk juga bagaimana proses pelaksanaan pembangunan dan hasil akhir apakah telah sesuai dengan perencanaan awal. “Inilah pentinya sebuah perencanaan sehingga bermanfaat untuk masyarkat,” ujarnya.

Baca Juga :
Bupati Giri Prasta Hadiri Ulang Tahun Sekaa Teruna Yowana Dharma Santhi Ke-25

Salah seorang naras umber dari Kementerian Pemeberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Devi Anantha menyampaikan materi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) menyampaikan perencanaan yang baik harus juga diikuti dengan pelaporan yang baik pula. Karena ini merupakan salah satu menjadi tolak ukur pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan awal atau tidak. Untuk itu semua PNS harus memahami bagaimana pelaksanaan pembangunan sehingga dalam pelaporan sesuai dengan yang telah direncanakan. Ia berharap dengan diklat semacam ini semakin meningkatkan kemampuan PNS lingkungan Pemkot Denpasar mulai dari perencanaan sampai pada pelaporan.

Sumber : Humas Pemkot Denpasar

Leave a Comment

Your email address will not be published.