Pilkada Jembrana 2020, Hadapi Kembang, Demokrat Munculkan Tamba

Avatar

 

Ketua DPC Partai Demokrat Jembrana, I Wayan Wardana

Balinetizen.com, Jembrana

Penantang Bakal Calon Bupati Jembrana dari PDIP I Made Kembang Hartawan pada Pilkada Jembrana 2020 mulai muncul.

Teranyar beredar kabar Partai Demokrat memunculkan nama I Nengah Tamba yang akan berpasangan dengan mantan anggota DPRD Jembrana dari Partai Golkar, I Ketut Widastra sebagai bakal calon wakil bupati.

Ketua DPC Partai Demokrat Jembrana, I Wayan Wardana mengatakan nama Nengah Tamba muncul dan mengerucut dalam rapat bersama dengan DPD Partai Demokrat Bali yang dilaksanakan pada Sabtu (2/11) lalu. Rapat tersebut khusus membahas mengenai bakal calon yang akan diusung Partai Demokrat.

“Pengurus DPD Bali berharap ada calon dari internal. Jadi pas karena nama Pak Tamba muncul dari arus bawah” ujar Wardana dikonfirmasi lewat handphone, Minggu (3/11).

Nama I Nengah Tamba mantan anggota DPRD Bali ini lanjutnya, sudah mengerucut sebagai bakal calon bupati kendati partainya tidak bisa memunculkan paket calon karena tidak memenuhi persyaratan batas minimal perolehan kursi di DPRD Jembrana.

“Kami harus berkoalisi dengan partai lain. Beberapa partai sudah kami dekati” imbuh Wardana.

Menurutnya, partai yang sudah didekati untuk menjadi teman koalisi adalah Partai Golkar. Dari sejumlah nama dari Partai Golkar, nama Ketut Widastra masuk dalam penjaringan bakal calon wakil bupati mendampingi Nengah Tamba. Namun pasangan Nengah Tamba-Ketut Wisastra masih digodok.

Selain itu kata Wardana, partainya juga akan melakukan survei dari segi popularitas dan elektabilitas. Hasil survei tersebut nantinya akan disampaikan pada partai yang diajak koalisi terutama yang kuris di DPRD Jembrana, yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Hanura dan PPP.

Sementara itu, Partai Golkar juga masih melakukan inventarisir nama-nama yang masuk dalam bursa bakal calon bupati dan wakil bupati diantaranya I Made Suardana, I Wayan Suardika dan I Ketut Widastra.

Baca Juga :
Sekda Dewa Indra Tegaskan Virus Corona Belum Masuk Bali

Beberapa nama yang muncul dalam Pilkada Jembrana 2020 yakni I Kade Darma Susila dari Partai Gerindra, Made Dwi Masti dari Partai Nasdem Jembrana dan I Made Prihenjagat, anggota Polres Jembrana aktif berpangkat Kompol (Komisaris Polisi).

Untuk diketahui PDIP menjadi satu-satunya partai yang berhak mengusung paket bakal calon bupati. Karena pada Pileg 2019 berhasil meraup 18 kursi atau 51, 43 persen suara dari 35 kursi di DPRD Jembrana.

Sedangkan partai lainnya yang lolos ke DPRD Jembrana yakni Partai Golkar (6 kursi), Partai Gerindra (4 kursi), Partai Demokrat (3 kursi), PKB (2 kursi), PPP (1 kursi) dan Partai Hanura (1 kursi). (Komang Tole)

Leave a Comment

Your email address will not be published.