Harapkan Sekaa Teruna Mampu Berdaya Saing : Bupati Hadiri HUT ST Eka Bhuana Suci, Batur Rening, Mambal 

Bupati Giri Prasta menghadiri HUT ke-52 ST Eka Bhuana Suci, Banjar Adat Batur Rening, Desa Adat Batur Rening, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (9/11).

Balinetizen.com, Mangupura

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri acara puncak HUT ke-52 Sekaa Teruna (ST) Eka Bhuana Suci, Banjar Adat Batur Rening, Desa Adat Batur Rening, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (9/11) malam lalu. Puncak HUT yang juga dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus ST periode tahun 2019-2021  ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati serta menyerahkan dana motivasi sebesar Rp. 24 juta, secara pribadi Rp. 11 juta. Sedangkan dari Pemerintah Desa Mambal membantu Rp. 15 juta. Perayaaan ini dihadiri Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Suryajaya.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengajak sekaa teruna untuk tidak mabuk-mabukan, tidak melakukan seks bebas, menghindari obat-obatan terlarang serta agar tetap kompak dan jaya. Dalam melaksanakan pembangunan di Badung, Pemkab Badung melaksanakan dua hal untuk masyarakat yaitu membantu kebutuhan pribadi dan komunal masyarakat. Kebutuhan pribadi melalui program pendidikan, kesehatan dan PBB gratis, sementara kebutuhan komunal mulai dari membantu pembangunan wantilan, pura, bantuan gong termasuk peson-peson dan dana pujawali. “Program ini untuk meringankan beban masyarakat. Dana yang seharusnya dikeluarkan untuk itu dapat dikelola di rumah tangga sehingga ekonomi akan naik dan astungkara kemiskinan turun menjadi nol persen,” jelasnya.

Bupati juga mengatakan bahwa di tahun ini sebagian besar pembangunan fisik di Badung sudah tuntas dan mulai tahun 2020 Badung sudah masuk pada tataran ekonomi. Hal ini telah didukung dengan telah terbangunnya Gedung Badung Command Center, serta pamasangan jaringan wifi di seluruh fasilitas publik. “Dengan masuk pada tatanan ekonomi, kami ingin menjadikan bale banjar disamping sebagai simbol budaya Hindu juga sebagai pusat bisnis. Sekaa teruna akan diberi pelatihan dan penguatan modal sehingga mampu berdaya saing, ” ujarnya.

Baca Juga :
Dukung Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Kecamatan Denpasar Barat Gelar Kegiatan Belajar Bersama 

Sementara itu Kelian ST Eka Bhuana Suci I Kadek Wiratama menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dukungan dari Bupati Badung, sehingga pelaksanaan program kegiatan sekaa teruna dapat berlajan dengan baik. Guna memeriahkan perayaan HUT, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari lomba nyurat Aksara Bali di daun lontar tingkat anak-anak, lomba membaca Aksara Bali di lontar tingkat remaja, lomba mesatua ibu-ibu PKK dan jalan santai. Tema yang diangkat “Melarapan wanti warsa tincapang rasa pasuka duka sagilik saguluk salunglung sabayantaka” yang mengandung makna agar melalui ulang tahun sekaa teruna ini agar selalu meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Editor : Whraspati Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.