Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Gianyar Gelar Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

Avatar
ads
Keterangan Foto: Pemkab Gianyar saat menggelar acara ziarah ke taman makam pahlawan Kerta Kertya Mandala Gianyar, Minggu (10/11/2019).
Balinetizen.com, Gianyar
Hari pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 Nopember merupakan tanggal yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal tersebut rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Sebagai realisasi atas perjuangan para pahlawan kita terdahulu Pemerintah Kabupaten Gianyar melaksanakan Ziarah Nasional, Minggu (10/11/2019) pagi di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kerta Kertya Mandala Gianyar.
Ziarah Nasional kali ini diikuti Dandim 1616/ Gianyar selaku Inspektur Upacara, Sekda Gianyar, Veteran, Muspida Gianyar, Perwira TNI dan Polri, Kodim 1616/ Gianyar, Polres Gianyar dan OPD di lingkungan Pemkab Gianyar, sebagai momentum untuk memberikan penghormatan dan mengenang jasa-jasa pahlawan.
Sekda Gianyar Wisnu Wijaya mengatakan bahwa acara ziarah ke taman makam pahlawan ini digelar sebagai rasa nasionalisme dan sebagai titik kenang kepada para pahlawan pejuang bangsa.
“Momuntum ziarah ini kami laksanakan setiap tanggal 10 november setiap tahunnya sebagai momentum mengenang jasa para pahlawan kita, pejuang bangsa,” ujarnya.
Pada kesempatan tersebut Dandim 1616/ Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro selaku Inspektur Upacara Ziarah Nasional mengawali kegiatan dengan memimpin penghormatan umum kepada arwah para pahlawan sebagai wujud penghormatan terhadap segala pengorbanan jiwa raga para pahlawan yang tanpa pamerih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan serta memohon restu untuk mewarisi jiwa patriotisme dan kephlawanan beliau terdahulu yang memperjuangkan keadilan dan tanah air Indonesia ini.
Selanjutnya Dandim 1616/ Gianyar meletakkan karangan bunga pada Candi Induk di TMP Kerta Kertya Mandala Gianyar dan melaksanakan tabur bunga diikuti oleh seluruh pejabat yang ada Gianyar sebagai wujud penghargaan, kebulatan tekad, dan komitmen untuk melanjutkan cita-cita dan perjuangan para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan berbagai pembangunan yang telah diprogramkan untuk kesejahteraan rakyat.
Dengan demikian Ziarah Nasional ini memiliki arti penting untuk memberikan penghormatan, penghargaan dan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memohon doa restu untuk melanjutkan perjuangan, mewarisi jiwa patriotisme pahlawan bangsa.(ctr).
Baca Juga :
Pemkab Tabanan Bentuk Sistem SP4N guna Tingkatkan Pengelolaan Pelayanan Publik

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

In the news
Load More
ads