Belanja Daerah Kabupaten Gianyar Tahun 2020 Ditetapkan Rp 3 Triliun Lebih

Foto: Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Mayun (kiri), Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra (kanan), dan Ketua DPRD Kabupaten Gianyar I Wayan Tagel Winarta (kanan) dalam rapat paripurna penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) tahun 2020 Kabupaten Gianyar di Ruang Sidang Kantor DPRD Kabupaten Gianyar, Selasa (12/11/2019).
Balinetizen.com, Gianyar –
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) tahun 2020 Kabupaten Gianyar telah disahkan dalam rapat paripurna pada Selasa (12/11/2019) di ruang sidang Kantor DPRD Gianyar.
Dalam rapat yang digelar bertepatan dengan rerahinan purnama tersebut, ditetapkan pendapatan daerah tahun 2020 sebesar Rp. 2,549 (dua triliun lima ratus empat puluh sembilan milyar lebih) dan Belanja Daerah sebesar Rp. 3,035 (tiga triliun tiga puluh lima milyar lebih) yang terdiri  dari   belanja tidak langsung sebesar Rp. 1,351 (satu triliun tiga ratus lima puluh satu milyar lebih) dan belanja langsung sebesar  Rp. 1,684 ( satu triliun  enam ratus delapan puluh empat milyar lebih). Sehingga terjadi defisit  anggaran tahun 2020 sebesar Rp. 486,572 (empat ratus delapan puluh enam milyar lima ratus tujuh puluh dua juta lebih). Defisit ini akan ditutup dari Sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2019.
Sementara Pendapatan Asli Daerah (PAD) ditetapkan Rp. 1,230 (satu triliun dua ratus tiga puluh milyar lebih). Anggaran APBD juga diarahkan untuk urusan  peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, pengurangan pengangguran, infrastruktur jalan dan jembatan, irigasi, air bersih, penguatan pertanian, ketahana pangan, peningkatan kreatifitas masyrakat, industri kecil, koperasi dan UMKM untuk meningkatkan daya saing eksport
“APBD tahun anggaran 2020 boleh dikatakan APBD pro rakyat karena ratio belanja tidak langsung dengan langsung 44,6% berbanding 55,4%. Belanja pegawai berkisar di angka 30%,”, kata Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, I Wayan Tagel Winarta .
Sementara Bupati Gianyar Made Mahayastra usai penetapan APBD menyampaikan kegembiraannya atas penetapan APBD yang berjalan lancar.
“Dalam sejarah baru pertama kali Gianyar bisa menetapkan APBD tangal 12 bulan Nopember. Biasanya penetapan akhir bulan Nopember bahkan pernah bulan Desember,” ungkap Bupati Mahayastra.,
Menurut Bupati Mahayastra, ini kemajuan yang luar biasa yang dicapai karena memang hubungan  yang makin harmonis dan pembahasan pembahasan yang sudah dilakukan sejak awal baik pada tahap rapat komisi  maupun tahap badan anggaran. Bupati Mahayastra juga memberi apresiasi kepada anggota dewan atas pembahasan yang lancar demi pembangunan  Gianyar ke depan.
Pewarta : Catur
Editor : Whraspati Radha
Baca Juga :
Pasca Kebakaran, Pedagang Direlokasi Kedepan Pasar Adat Lelateng

Leave a Comment

Your email address will not be published.