Bupati Giri Prasta Ngrastitiang Karya Memungkah di Pura Melanting, Desa Adat Cemenggaon, Celuk, Sukawati

Avatar
ads

Bupati Giri Prasta didampingi Wabup Gianyar A.A Mayun saat menghadiri Upacara Caru Rsi Gana, Tawur, Melaspas lan Mepedagingan di Pura Melanting, Desa Adat Cemenggaon, Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar,  Minggu (17/11). 

Balinetizen.com, Gianyar

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Mayun menghadiri Upacara Caru Rsi Gana, Tawur, Melaspas lan Mepedagingan di Pura Melanting, Desa Adat Cemenggaon, Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar,  Minggu (17/11). Upacara ini merupakan rangkaian karya memungkah lan mepedudusan yang puncaknya jatuh pada Rabu 20 Nopember ini. Kehadiran Bupati Giri Prasta bersama Wabup. Gianyar untuk mendoakan/ngrastitiang agar karya tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai harapan krama.

Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta dan Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Mayun melakukan persembahyangan bersama serta menandatangani prasasti karya sekaligus menyerahkan bantuan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp. 1,050 M, terdiri dari untuk pembangunan fisk pura yang sudah terealisasi sebesar Rp. 550 juta dan dana aci/upakara Rp. 500 juta.

Bupati Giri Prasta sangat mendukung pelaksanaan karya yang dilakukan krama Desa Adat Cemenggaon. Melalui karya ini diharapkan krama diberikan keselamatan dan kesejahteraan bagi alam semesta. Selain itu dapat meningkatkan rasa persatuan krama serta sagilik, saguluk, salunglung lan sabayantaka. Kehadiran pihaknya pada rangkaian karya mecaru lan melaspas sebagai bentuk dukungan dan ikut ngrastitiang karya agar labda karya. Bantuan yang diberikan diharapkan dapat meringankan beban dari krama. “Kehadiran kami untuk ikut ngrastitiang serta membantu meringankan kebutuhan krama baik kebutuhan pribadi maupun komunal dari krama Desa Adat Cemenggaon, ” terangnya.

Manggala Karya I Komang Ariana bersama Bendesa Adat Cemenggaon I Wayan Wardana menjelaskan Pura Melanting merupakan Pura Swagina yang diempon 350 KK krama Desa Adat Cemenggaon. Atas nama krama pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab. Gianyar dan Pemkab. Badung khususnya Bupati Badung yang telah membantu terlaksananya pembangunan termasuk karya di Pura Melanting. “Atas nama krama Desa Adat Cemenggaon kami haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Badung dan Pemkab Gianyar. Semoga dengan terlaksananya pembangunan dan karya ini kami krama disini senantiasa diberikan anugerah, keselamatan dan kesejahteraan bagi krama,” jelasnya.

Baca Juga :
Kaka Slank Suarakan Bahaya Plastik Sekali Pakai Melalui Musik

Sementara mengenai pembangunan pura, telah dirancang mulai tahun 2016 dan telah mendapat bantuan dari Pemkab Gianyar melalui BKK Pemkab Badung. Sumber lainnya dari urunan krama, dana pembangunan LPD serta Punia. Usai pembangunan, tahun ini krama dapat melaksanakan karya, yang juga mendapat dukungan dari BKK Pemkab Badung. Untuk rangkaian karya, pada Minggu 17 Nopember dilaksanakan Upacara Caru Rsi Gana, Tawur, Melaspas lan Mepedagingan. Dipuput Ida Pedanda Gria Tenten Sukawati dan Ida Pedanda Istri Batuan. Dipentaskan pula wali berupa topeng sidakarya, wayang lemah, rejang dewa, rejang renteng dan baris gede. Sementara puncak karya akan dilaksanakan pada 20 Nopember 2019 nanti. Sumber : Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

In the news
Load More
ads