Rai Mantra Pimpin Rakor Evaluasi Triwulan III Pemkot Denpasar, Ingatkan Target, Mantapkan Realisasi Fisik dan Keuangan

Avatar

Ket foto : Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Wlikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara saat memimpin Rapat Evaluasi Pembangunan Triwulan III Tahun 2019 di Ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar, Rabu (20/11).

Balinetizen.com, Denpasar

Sebagai upaya untuk memastikan pelaksanaan program yang tepat sasaran dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan, Pemkot Denpasar menggelar Rapat Kordinasi dan Evaluasi Pembangunan Triwulan III. Kegiatan yang diikuti seluruh Pimpinan OPD dan Perusda di lingkungan Pemkot Denpasar ini dipimpin Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara  di Kantor Walikota Denpasar, Rabu (25/9).

Rapat evaluasi diawali dengan laporan dari Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa Atmaja yang menjelaskan realisasi program kerja di Pemkot Denpasar. Adapun tema yang diangkat kali ini ‘Kita Mantapkan Pencapaian Pembangunan Seratus Persen’.

Cipta Sudewa menjelaskan, pelaksanaan Rapat Kordinasi dan Evaluasi Pembangunan Triwulan I, II, III dan IV ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Keppres No 20 Tahun 2015 tentang Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA). Yang diturunkan dalam Keputusan Walikota Denpasar nomor 188.45/129/HK/2019.

“Tentunya evaluasi ini dilaksanakan guna memastikan seluruh program baik fisik dan keuangan yang tertuang dalam APBD Kota Denpasar baik induk maupun perubahan Tahun 2019 ini dapat terlaksana sesuai dengan target yang telah ditetapkan, dimana hingga Triwulan III  realisasi Keuangan mencapai 62,94 persen sedangkan realisasi Fisik mencapai 80,86 persen,” terangnya.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota, IGN Jaya negara didampingi Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara menegaskan bahwa seluruh  OPD wajib memahami dan fokus terhadap target yang telah ditetapkan. Sehingga dalam pelaksanaanya nanti seluruh target capaian dapat terlaksana, baik secara fisik maupun keuangan. Namun demikian, seluruh program dan inovasi yang dilaksanakan harus dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Baca Juga :
Kota di Mongolia Dalam waspada level tiga wabah pes usai pasien tewas

Lebih lanjut dijelaskan bahwa saat ini telah dioperasikan secara resmi aplikasi Sewaka Dharma Sistem Monitoring Administrasi Pembangunan (Karma Simanis). Dimana aplikasi ini merupakan sarana pengawasan sebagai wujud e-goverment dalam pelaksanaan program pembangunan baik fisik, non fisik serta keuangan yang juga terintegrasi dengan SIPKD, SIMPEG, dan Diskominfo. Sehingga monitoring dan evaluasi dapat dilaksanakan secepat mungkin.

“Saya minta seluruh OPD di lingkungan Pemkot Denpasar dapat bekerja dan berinovasi yang tentunya harus memperhatikan target realisasi baik fisik maupun keuangan, sehingga inovasi dan pembangunan dapat terlaksana dengan tepat mutu, tepat guna dan tepat sasaran serta memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, dan dengan adanya aplikasi Karma Simanis ini diharapkan mampu menjadi sarana pengawasan dalam rangka monev pembangunan di Kota Denpasar,” ujar Rai Mantra.

Tak hanya itu, Rai Mantra juga menekankan bahwa komitmen Kota Denpasar untuk dapat meraih nilai SAKIP dengan predikat A harus mendapat dukungan seluruh OPD. Hal ini dapat dilaksanakan dengan penyusunan berbagai program dan inovasi yang tepat sasaran dan ada sinergitas antara program yang satu dengan program lainnya.

“Kami juga mengingatkan seluruh pimpinan OPD untuk terus berupaya menyusun program dan inovasi yang tepat sasaran dan memberikan kemanfaatan dengan laporan yang sesuai dengan standar, sehingga komitmen peningkatan nilai SAKIP menjadi A dapat terwujud,” jelas Rai Mantra. (Ags/HumasDps)

Leave a Comment

Your email address will not be published.