Wabup.Suiasa Hadiri Karya Ngenteg Linggih di Pura Puseh Banjar Canggu

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri Karya Ngenteg Linggih Mapadudusan Agung, Mapadanan, Mapaselang Medasar Tawur Balik Sumpah Utama serta menyerahkan bantuan di Pura Puseh Banjar Canggu, Desa Adat Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Jumat (22/11).

Balinetizen.com, Mangupura

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri pelaksanaan Upacara Karya Ngenteg Linggih Mapadudusan Agung, Mapadanan, Mapaselang Medasar Tawur Balik Sumpah Utama bertempat di Pura Puseh Banjar Canggu, Desa Adat Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Jumat (22/11). Pelaksanaan upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Ngurah Putra Keniten dari Griya Kediri Sangeh, Ida Pedanda Jelantik Santa Lila Cita dari Griya Jadi Tabanan, Jero Gede Sengguhu Temburu Wasa dari Jeroan Lambing Sibang. Turut juga dihadiri Kadis Kebudayaan yang diwakili oleh Kabid Adat Tradisi I.B Agung, Camat Kuta Utara A.A.Ngurah Arimbawa, Bedesa Adat Canggu I Nyoman Sujaka, beserta seluruh masyarakat Desa Canggu.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut Wabup. Suiasa melakukan persembahyangan bersama dengan masyarakat serta dilakukannya penyerahan dana bantuan sebesar Rp 1 M kepada panitia karya I Nyoman Punia disaksikan oleh seluruh masyarakat setempat.

Wabup. Suiasa dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Adat Canggu yang sudah melaksanakan perbaikan pura yang sudah berjalan dengan sangat baik.”Dengan rampungnya pembangunan pura saat ini sudah dilakukannya upacara karya ngenteg linggih mapadudusan agung, mapadanan, mapaselang medasar tawur balik sumpah utama di Pura Puseh Banjar Canggu. Disamping itu kami Pemerintah Kabupaten Badung juga ikut mendoakan atas terselenggaranya upacara utama Pura Puseh Banjar Canggu serta mendoakan semua warga di Kabupaten Badung mendapatkan kerahayuandan keselamatan,“ kata Wabup.Suiasa.

Sementara itu panitia karya I Nyoman Punia melaporkan, upacara ini dilaksanakan serangkaian telah rampungnya pembangunan pura, yang dimana mendapat bantuan dana hibah Bupati Badung sebesar Rp. 3,2 M. Dikatakan salah satu bangunan yang direstorasi yaitu bangunan kori agung, karena sebagai upaya menyelamatkan dan melestarikan nilai agama, nilai budaya, nilai sejarah, nilai keragaman dan nilai sosial ekonomi yang selanjutnya akan didaftarkan di Dinas Kebudayaan agar masuk dalam cagar budaya.

Baca Juga :
Bintang Puspayoga, dari ASN jadi Menteri PPPA

Pihaknya menambahkan atas nama warga Desa Adat Canggu mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang sudah banyak membantu meringankan beban masyarakat karena selain dibantu dana untuk pembangunan pura juga dibantu dengan dana upacara sebesar Rp. 1 M. Sumber : Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.