Wakil Masih Kritis, Hakim Putuskan Kesaksian Eks Wagub Bali Ditunda

Hakim tunda sidang Eks Wagub Bali Sudikerta

Balinetizen.com, Denpasar

Tim jaksa penuntut umum (JPU) kasus dugaan penipuan, penggelapan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dikoordinatori Ketut Sujaya, Selasa (26/11) kembali memanggil eks Wagub Bali I Ketut Sudikerta dan Anak Agung Ngurah Agung ke pengadilan negeri (PN) Denpasar. Keduanya sudah duduk di kursi pesakitan guna melanjutkan sidang dengan agenda pemeriksaan saksi mahkota atau kesaksian antar terdakwa.
Akan tetapi, majelis hakim pimpinan Estar Oktavi akhirnya membatalkan sidang. Hal itu diputuskan hakim dengan pertimbangan seorang terdakwa lagi yakni Wayan Wakil tidak bisa datang ke pengadilan. Dia masih dalam kondisi kritis dan harus menjalani perawatan di RS Bali Jimbaran. Hal itu dipertegas oleh Agus Sujoko selaku kuasa hukum Wayan Wakil. “Mohon izin yang mulia, Pak Wakil masih menjalani perawatan di rumah sakit,” tandas Agus Sujoko, sembari menyerahkan selembar kertas yang ditulis langsung dokter yang menangani. Yakni dr. Siswadi, Sp.PD.
Atas kondisi itu, majelis hakim pimpinan Esthar Oktavi kemudian meminta Agus Sujoko, kapan bisa menghadirkan. Namun Agus Sujoko tidak menjamin, dan tidak berani memastikan kapan Wakil bisa dihadirkan, melihat kondisi kliennya terbaring lemah di rumah sakit.
Majelis hakim akhirnya menunda sidang, dan dalam kesempatan itu hakim juga menanyakan soal saksi meringankan dan ahli yang bakal dihadirkan di depan persidangan. “Kami sejatinya sudah siap dua orang ahli, tapi bagaimana mungkin hadirkan ahli, jika terdakwa masih dalam kondisi sakit,” tandas Agus Sujoko. Sementara pihak Sudikerta juga menunggu keputusan hakim. Kesimpulannya, baik hakim maupun JPU akan menunggu kondisi Wakil. Jika memang tidak bisa dihadirkan, maka pemeriksaam saksi mahkota dan ahli akan dilakukan pekan depan. Bahkan hari Jumat pun bakal dilakukan sidang jika waktunya memungkinkan.
Agus Sujoko yang dikonfirmasi atas kondisi Wakil, mengaku memang saat ini kondisinya memprihatinkan. “Tidak hanya Pak Wakil yang dirawat di rumah sakit. Istrinya juga ikut terbaring dan dirawat di rumah sakit. Kasian beliaunya melihat kondisi seperti ini,” terang Agus Sujoko sembari memperlihatkan foto Wakil dan istrinya yang terbaring di Rumah Sakit Bali Jimbaran. (NT-MB)

Baca Juga :
Polisi: Ada potensi penetapan tersangka kasus kerumunan Rizieq Shihab

Leave a Comment

Your email address will not be published.