Berbagai Kegiatan Peringati HKN ke-55 di Kabupaten Gianyar

Keterangan Foto: Kegjatan loma senam sehat di Balai Budaya Gianyar.
Balinetizen.com, Gianyar –
Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN, red) yang ke-55 tahun 2019 di Kabupaten Gianyar, berbagai kegiatan pun dilakukan untuk memetiahkan HKN ke-55 ini. Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Astina Gianyar berlangsung selama tiga hari yakni mulai tanggal 27 November sampai dengan 29 November 2019.
Pada hari pertama, Rabu (27/11/2019), dilaksanakan kegiatan parade kesehatan, lomba senam germas Nangun Sat Kerthi Lokha Bali, lomba cerdas cermat kader kesehatan serta lomba masak sehat.
Ketua Panitia Peringatan HKN Kabupaten Gianyar Dr. I Wayan Gede Wirawan menjelaskan bahwa pada hari pertama dilaksanakan penampilam parade kesehatan dari seluruh instansi kesehatan di Kabupaten Gianyar, mulai dari Dinas Keseharan dengan ke 13 UPTD nya, klinik swasta, serta rumah sakit umum dan swasta. Selain itu, dilaksanakan Senam Germas Nangun Sat Kerthi Lokha Bali dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Gianyar.
“Tema peringatan HKN Tahun 2019 yakni Generasi Sehat, Indonesia Unggul. Jadi Generasi sehat ini tidak bisa diciptakan oleh orang kesehatan saja, harus melibatkan seluruh OPD yang ada dan masyarakat luas,” ujarnya.
Ditambahkan dr Wirawan, selain itu di Lapangan Astina juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial yang dilaskanakan selama dua hari dari 09.00 wita sampao dengan 17.00 wita, berupa Promosi Kesehatan (Promkes), Screening Penyakit Tidak Menular, Pengobatan Penyakit Umum, Gigi, Donor Darah, Pemeriksaan IVA untuk ibu-ibu.
“Yang baru tahun ini dan pertamakali kami laksanakan adalah Pelayanan Kesehatan Tradisional (Kestrad). Disini ada akupuntur, penggunaan ramuan tradisional,” imbuh dr Wirawan.
Di hari kedua, mulai dari jam 06.00 wita dilaksanakan jalan santai berhadiah dengan tajuk Clean and Green for Heal. Para peserta tidak hanya sekedar jalan melainkan sambil memungut sampah plastik di sepanjang rute yang ditempuh, termasuk di Pasar Umum Gianyar. Kemdian dilanjutkan dengan kegiatan seminar tentang stunting dan motivator untuk mindset Aparatur Sipil Negara yang lebih baik. Sedangkan di puncak peringatan, (29/11/2019), dilaksanakan Pameran Makanan Germas dari Tim Kesra Kabupaten, Upacara Bendera, serta pemberian hadiah pemenang lomba.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati, M.Kes mengatakan, Hari Kesehatan Nasional sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Hal itu sejalan dengan tema peringatan HKN tahun ini, yakni “Generasi Sehat Indonesia Unggul”, dimana untuk mewujudkan hal tersebut membutuhkan komitmen semua pihak, baik dari jajaran kesehatan maupun seluruh komponen masyarakat. Kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Gianyar melalui jajaran kesehatannya. “Tidak hanya sehat secara jasmani maupun rohani, tetapi juga sehat secara sosial dan produktifitas. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang I A Cahyani.
Ditambahkan, upaya Pemkab Gianyar dalam mewujudkan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat telah dituangkan dalam berbagai kebijakan. Salah satunya, program Gianyar menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) yang disertai dengan penetapan perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR), pembangunan Rumah Sakit Payangan, serta perbaikan sejumlah fasilitas kesehatan.
Pewarta : Catur
Editor : Whraspati Radha
Baca Juga :
Buka Pendidikan Sespimti dan Sespimen, Kapolri Minta Jangan Ada Kluster Baru Covid-19

Leave a Comment

Your email address will not be published.