Viral Kilatan Petir di Puncak Kawah, BPBD Tegaskan Tak Berkaitan Dengan Aktivitas Vulkanik Gunung Agung

Avatar
ads

Viral Kilatan Petir Dipuncak Kawah, BPBD Tegaskan Tak Berkaitan Dengan Aktivitas Vulkanik Gunung Agung

Balinetizen.com, Karangasem

Video cahaya kilatan petir dikawasan puncak Kawah Gunung Agung yang terjadi malam ini, Rabu (04/12/2019) menjadi viral baik dimedia sosial maupun di sejumlah grup whatup.

Banyak pertanyaan muncul dari masyarakat terutama yang tinggal dilereng Gunung Agung apakah petir tersebut ada kaitannya atau tidak dengan aktivitas Gunung Agung yang saat ini masih berada dilevel III Siaga.

Agar tidak menimbulkan kegaduhan, Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Ketut Arimbawa menegaskan bahwa kilatan – kilatan petir tersebut tidak ada kaitannya dengan aktivitas Gunung Agung saat ini.

Dari hasil kordinasi BPBD dengan pihak terkait seoerti VPMBG dan BMKG, diperoleh informasi bahwa femomena kilatan petir tersebut tidak ada pengaruhnya dengan aktivitas vulkanik maupun dari sisi kegempaan Gunung Agung.

Sementara dari hasil kordinasi dengan BMKG, disebutkan bahwa terjadi potensi hujan lebat disertai petir termasuk diwilayah Gunung Agung, bahkan ada juga info tambahan dari BMKG Wilayah III Denpasar situasi ini akan trus berlangsung seiring musim perubahan cuaca.

Kendati demikian warga dilereng Gunung Agung dihimbau agar tetap mewaspadai banjir lahar dingin yang disebabkan ujan deras dikawasan Gunung Agung.

“Kami menghimbau agar masyarakat tetap tenang serta tidak termakan isu – isu yang tidak jelas sumbernya karena situasi seperti saat ini kedepan akan terus terjadi pada musim perubahan cuaca dan agar selalu mengikuti arahan dari instansi terkait,” terang Arimbawa dikonfirmasi media ini. (SUA)

Baca Juga :
BPBD Ajak Siswa Siaga Bencana : 2000 Siswa Berdampak Abu Dibagikan Masker

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

In the news
Load More
ads