Tali Pusar Dipotong Ibu Kantin, Suryaningsih Melahirkan di Kapal

Tali Pusar Dipotong Ibu Kantin, Suryaningsih Melahirkan di Kapal

Balinetizen.com, Jembrana

Seorang penumpang KMP Jambo VI bernama Suryaningsih (38) asal Surabaya, Jawa Timur melahirkan dengan selamat di atas kapal Senin (9/12). Saat itu KMP Jambo VI baru saja berangkat dari Dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Menurut Edi Prayitno (38) warga Banjar Dukuh, Desa Dauh Peken, Tabanan, istrinya Suryaningsih melahirkan bayi laki-laki diatas KMP Jambo VI.

KMP Jambo VI, kata pria asal Banyuwangi, Jawa Timur ini saat itu baru berangkat dari Dermaga LCM Gilimanuk, Jembrana menuju ke Ketapang Banyuwangi.

Menurutnya, proses melahirkan (persalinan) istrinya dibantu oleh seorang wanita penjaga kantin di kapal, bahkan hingga membersihkan ketuban yang pecah dan nemotong tali pusar.

Istrinya lanjutnya, melahirkan diatas dek kapal beralaskan selembar tikar dengan memakai daster. Saat melahirkan istrinya tidak merasakan sakit, namun hanya merasakan nyeri di perut.

“Lahirnya tiba-tiba, waktu itu kapal ditengah laut Selat Bali” ucapnya ditemui di Puskesmas II Melaya (Gilimanuk, Senin (9/12).

Kandungan istrinya kata dia sudah menginjak sembilan bulan lebih dan menurut prediksi bidan di Tabanan, istrinya akan melahirkan pada tanggal 27 Desember. Karena masih jauh, istrinya kemudia pulang ke Banyuwangi.

“Yang lahir ini anak keempat. Istri saya pulang ke Banyuwangi karena Sofia anak saya ketiga ini kangen terus sama saya” ujarnya.

Dari Tabanan lanjutnya, istrinya menumpang truk yang dikemudikan temannya. “Sengaja saya suruh naik truk milik teman saya. Dalam perjalanan istri saya idak mengeluh sakit” imbuhnya.

Selanjutnya ia akan menemuia ibu kantin KMP Jambo VI untuk menyampaikan terimakasih karena telah membantu proses melahirkan istrinya.

Baca Juga :
Presiden Jokowi Akan Resmikan Sejumlah Infrastruktur hingga Tinjau Lumbung Pangan di Jawa Tengah

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, AKP Gusti Nyoman Sudarsana seizin Kapolres Jembrana, Senin (9/12) membenarkan adanya penumpang kapal yang melahirkan.

Dari keterangan dokter Puskesmas Ni Luh Leli Mas Ayutini, Suryaningsih melahirkan bayi laki-laki dengan berat 3 Kg dan panjang 50 Cm. “Bayi dan ibunya dalam kondisi sehat. Kini mereka dirawat di Puskesmas Gilimanuk” ujar Sudarsana. (Komang Tole)

Leave a Comment

Your email address will not be published.