Lagi, Jembrana Diganjar Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Azasi Manusia

Kepala Bagian Hukum dan HAM  Setda Kabupaten Jembrana  I Ketut Armita mewakili Bupati Jembrana di Gedung Merdeka Bandung  dalam rangka Penerimaan  Penghargaan Peduli HAM, Selasa ( 10/12)

Balinetizen.com, Jembrana

Kabupaten Jembrana mendapat penghargaan sebagai sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2019. Penghargaan itu diserahkan langsung Dirjen HAM , Mualimin Abdi kepada Kabag Hukum dan HAM Jembrana , I Ketut Armita mewakili Bupati Jembrana I Putu Artha  di Gedung Merdeka Bandung, Selasa ( 10/12). Bagi Jembrana , penghargaan merupakan kali ketiga yang diraih secara berturut-turut.

Pemberian penghargaan kepada kabupaten/kota oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 34 tahun 2016 tentang kriteria daerah kabupaten/kota peduli hak asasi manusia.

Dirjen HAM Mualimin Abdi mengatakan penghaagaan  bertujuan memotivasi pemerintah daerah kabupaten/kota sekaligus tolak ukur dari  proses dan hasil capaian kinerja dalam melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM. “Kabupaten  yang mendapat penghargaan kita nilai mampu  menghadirkan pelayanan serta kebutuhan dasar bagi masyarakat. Selain itu fasilitas umum pun menjadi penilaian bagi setiap daerah terutama bagi penyandang disabilitas yang kini mejadi perhatian pemerintah, “ terang Abdi.

Sedangkan Kepala Bagian Hukum dan HAM  Setda Kabupaten Jembrana , I Ketut Armita mengatakan untuk bisa mendapatkan penghargaan kategori Peduli HAM, pemerintah daerah harus lebih dulu mampu memenuhi tujuh kelompok hak. Diantaranya  hak atas pendidikan, kesehatan, perlindungan perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, rumah yang layak, dan hak lingkungan yang berkelanjutan.

“Kita  bersyukur mampu mempertahankan penghargaan sebagai Kabupaten/Kota dengan kategori Peduli HAM selama tiga kali berturut-turut. Ini berkat komitmen dari pimpinan  daerah kita,  Bapak Bupati dan Wakil Bupati Jembrana . Juga berkat  dukungan dan sinergi yang  baik antar  OPD dilingkup Pemkab Jembrana, “ kata Armita. (Humas Pemkab Jembrana)

Baca Juga :
Kasus Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 37 Orang, Kasus Positif Bertambah 50 orang

Leave a Comment

Your email address will not be published.