Ngayah’ Total Perjuangkan RUU Provinsi, Gubernur Koster Serukan Masyarakat Kompak Bersatu

Avatar
ads

Gubernur Bali Wayan Koster

Balinetizen.com, Denpasar

Gubernur Bali Wayan Koster tidak henti melakukan aksi nyata ‘ngayah’ total untuk Gumi Bali, demi menjaga eksistensi dan keberlanjutan Pulau Bali, sehingga ke depan terus bisa memberi kesejahteraan dan kebahagiaan bagi umat manusia.

Kali ini, Gubernur Koster memperjuangkan RUU Provinsi, dikarenakan Bali memerlukan undang-undang tersendiri. Bukan untuk menjadi Daerah Otonomi Khusus, akan tetapi agar sesuai dengan UUD NRI 1945 dan NKRI serta menjadi kerangka hukum untuk mengisi dengan pembangunan Bali ke depan.

“Agar Bali tetap eksis, berkelanjutan, dan berdaya saing, guna menghadapi dinamika permasalahan dan tantangan dalam skala lokal, nasional, dan internasional,” kata Gubernur Bali Wayan Koster saat melakukan konferensi pers di Jayasabha, Denpasar, Selasa (10/12).

Sebagai langkah awal, RUU Provinsi Bali sudah dipaparkan atau disosialisasikan secara terbatas sebanyak dua kali yang dihadiri oleh anggota DPR RI Dapil Bali, anggota DPD RI Dapil Bali, Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Bali, Bupati/Wali Kota se-Bali, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Bali, Ketua Lembaga Organisasi Keumatan semua Agama se-Bali, Rektor Perguruan Tinggi, dan tokoh masyarakat se-Bali. Semua pihak mendukung RUU tersebut, yang dibuktikan dengan menandatangani pernyataan secara tertulis.

Gubernur menambahkan, pihaknya telah melakukan audiensi pada tanggal 26 November 2019 dengan Komisi II DPR-RI dan Ketua DPD-RI, serta tanggal 5 Desember 2019 dengan Menteri Dalam Negeri RI dan Menteri Hukum dan HAM RI.

Berdasarkan hasil audiensi, Komisi II DPR-RI, DPD-RI, Menteri Dalam Negeri RI, dan Menteri Hukum dan HAM RI memberi respon positif dan sangat mendukung aspirasi Pemerintah Provinsi Bali dan masyarakat Bali yang dipimpin oleh Gubernur Bali mengusulkan RUU Provinsi Bali, masuk dalam Program Legislasi Nasional.

Baca Juga :
Penutupan Binlat Metal dan Kesemaptaan Pemuda Calon Anggota Polri di Badung

“Saya imbau kepada masyarakat Bali, sebagai orang Bali, dari daerah manapun datangnya dari suku dan agama apapun, dan semua elemen masyarakat yang hidup dan mencari kehidupan dari alam dan budaya Bali agar kompak, bersatu, dan bergerak serentak bersama guna menegakkan eksistensi dan keberlanjutan Bali, Pulau Dewata yang kita cintai ini sehingga ke depan terus bisa memberi kesejahteraan dan kebahagiaan bagi umat manusia,” ujar Gubernur Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali.

Editor : Whraspati Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

In the news
Load More
ads