Mohon keselamatan, Pemkab Jembrana Gelar Bhakti Penganyar di Pura Luhur Giri Alas Purwo

Mohon keselamatan, Pemkab Jembrana Gelar Bhakti Penganyar di Pura Luhur Giri Alas Purwo
Balinetizen.com, Jembrana 
Bertepatan dengan hari Raya Pagerwesi, pada Rabu (11/12) Pemkab Jembrana melaksanakan Bhakti Penganyar di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Dipimpin langsung Bupati Jembrana I Putu Artha didampingi istri Ny. Ari Sugianti Artha, Sekda Kabupaten Jembrana I Made Sudiada serta pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana, rombongan disambut oleh Mangku Adi Wasito yang juga selaku penglingsir di Pura Luhur Alas Purwo.
Mangku Wasito menjelaskan, upacara yang dilakukan ini berupa Pedudusan Madya yang digelar tiap enam bulan sekali. Rangkaian karya diawali dengan Pecaruan dan Matur Piuning, Mesuci Ida Bhatara di Pantai Trianggul Asih.
“Rangkaian karya Nyejer selama tiga hari. Yang hadir tidak hanya umat Hindu yang berasal dari Banyuwangi namun juga dari kabupaten di Bali dan di Jawa Timur lainnya. Kami juga mengundang kabupaten/kota di luar Bali dan Jawa Timur dalam pelaksanaan Bhakti Penganyar ini,“ jelas Mangku Adi Wasito.
Upacara Bhakti Penganyar Pemkab Jembrana ini di awali dengan Ngaturang Panca Sembah Bhakti yang dipuput langsung oleh Mangku Marji. Seluruh prosesi Bhakti Penganyar hingga selesai berjalan dengan lancar.
Selain pelaksanaan karya, Mangku Adi Wasito juga menjelaskan berbagai tahapan pembangunan kawasan pura yang sudah selesai dan dipelaspas. “Terakhir yang sudah dipelaspas seperti Candi Bentar sebagai pintu masuk Madya Pura” ujarnya.
Harapan ke depan kata Mangku Adi Wasito, nantinya secara bertahap juga akan segera dibangun seperti Bale Peselang, Bale kulkul, Dapur Suci dan angkul-angkul untuk melengkapi fasilitas pura. “Wantilan sekarang masih tahap finishing” imbuhnya.
Sementara itu Bupati Jembrana I Putu Artha mengatakan bahwa, “Bhakti Penganyar Pemkab Jembrana rutin laksanakan setiap enam bulan sekali dengan harapan agar senantiasa diberikan tuntunan, keteduhan, dan ketentraman kepada umatnya,” ujar Bupati Artha.
Pelaksanaan Bhakti Penganyar tahun ini pihaknya juga mengajak segenap pimpinan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana tentu untuk mendoakan agar Jembrana selalu diberikan keselamatan, kedamaian serta dijauhkan dari musibah.
“Harapannya tentunya Ida Hyang yang berstana di Pura Giri Selaka Alas Purwo ini dapat memberikan tuntunan, keteduhan, aman dan damai serta sejahtera bagi umatnya dan alam beserta isinya” terang Bupati Artha.
Usai persembahyangan, Bupati Artha menghaturkan punia upakara atas nama Pemerintah Kabupaten Jembrana yang diterima oleh panitia setempat. (Humas Pemkab Jembrana)
Baca Juga :
Peringatan Dini dan Langkah Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Kekeringan Meteorologis

Leave a Comment

Your email address will not be published.