Diskerpus Badung Raih Akreditasi A Kearsipan dari ANRI

Plt. Kepala Arsip Nasional RI, Dr. M. Taufik, M.Si menyerahkan kualifikasi Akreditasi A Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani bertempat di Ruang Kerta Gosana Puspem Badung, Selasa (17/12).

Balinetizen.com, Mangupura

Keberhasilan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Badung memperoleh nilai 82,74 dan meraih kualifikasi Akreditasi A dengan kategori sangat baik berbuah penghargaan berupa Sertifikat Akreditasi Kearsipan dari Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Sertifikat Akreditasi Kearsipan diserahkan langsung oleh Kepala Arsip Nasional Rudi Anton kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani bertempat di Ruang Kerta Gosana Puspem Badung, Selasa (17/12).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Badung yang diwakili Sekda I Wayan Adi Arnawa, perwakilan DPRD Badung, Plt. Pusat Akreditasi ANRI M Taufik, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali Ni Luh Putu Haryani, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota se-Bali, Kepala OPD Kabupaten Badung, Camat se-Kabupaten Badung, Dirut Perusahaan Daerah, Perbekel/Lurah se-Kabupaten Badung, Kepala Sekolah Dasar se-Kabupaten Badung, serta tim akreditasi kearsipan LKD Kabupaten Badung.

Kepala Arsip Nasional Rudi Anton memberikan selamat serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Badung karena sudah membangun tata kelola kearsipan dengan sangat baik sehingga layak untuk diberikan nilai A dalam akreditasi dari ANRI yang mana itu sudah sesuai dengan amanat undang-undang. Legitimasi atau sertifikasi dan akreditasi yang dilakukan ANRI merupakan tolak ukur bagi suatu daerah dalam memberikan pelayanan publik dalam hal menyajikan informasi. Arsip di era sekarang sudah mengalami perubahan paradigma karena arsip berkaitan dengan data dan informasi. Dalam tataran pemerintahan arsip sangat berkaitan erat dengan tata kelola pemerintahan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yg transparan dan akuntabel. “Sekali lagi kami ucapkan selamat untuk Kabupaten Badung mohon prestasi ini dipertahankan dan pelayanan informasi publik terus ditingkatkan,” ucapnya.

Baca Juga :
Presiden Jokowi Jenguk Buya Syafii di Sleman

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya yang dibacakan Sekda I Wayan Adi Arnawa mengatakan Pemerintah Kabupaten Badung sangat mengapresiasi pelaksanaan akreditasi kearsipan di lembaga kearsipan daerah Kabupaten Badung yang meliputi beberapa aspek yaitu penyelenggaraan kearsipan yang terdiri dari kebijakan kearsipan, pembinaan kearsipan dan pengelolaan arsipan. Dikatakan pengelolaan arsip sangat penting mengingat penyelenggaraan kearsipan yang bermutu akan menjamin penyelamatan bahan pertanggungjawaban untuk mendukung kepentingan manajemen pemerintahan dan pembangunan.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani dalam laporannya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Arsip Nasional yang telah menyerahkan Sertifikat Akreditasi Kearsipan kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung. Hal ini membuktikan  Diskerpus Badung sebagai Lembaga Kearsipan Daerah telah melaksanakan pengelolaan arsipnya, baik yang bersifat arsip dinamis maupun statis sesuai dengan tujuan dari akreditasi kearsipan yaitu untuk mempertinggi mutu dan kelayakan pengelolaan arsip dalam rangka mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan.

Kristiani menambahkan perjalanan akreditasi telah melalui beberapa tahapan, mulai dari sosialisasi, dilanjutkan penilaian awal, pemenuhan porto folio dibawa ke ANRI dan dilakukan penilaian serta verifikasi lapangan. “Setelah itu ada lagi pemenuhan rekomendasi dari hasil verifikasi berupa porto folio dan proses terakhir sidang pleno akreditasi,” terangnya.

Editor : Whraspati Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.