Humas Badung menjadi narasumber bimtek Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Punggul

Desa Punggul Kecamatan Abiansemal menggelar Bimtek KIM pada, Rabu (18/13) yang bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Desa Punggul

Balinetizen.com, Mangupura

Desa Punggul Kecamatan Abiansemal menggelar bimtek pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada, Rabu (18/13) yang bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Desa Punggul, dengan menghadirkan narasumber dari Bagian Humas Setda Badung yang diwakili Kasubag Dokumentasi dan Peliputan I Kadek Edi Putrana dengan materi Pembentukan Tim Dokumentasi Digital dan Pengelolaan Media Sosial di Era Keterbukaan Informasi dan Kasubag Komunikasi dan Pelayanan Pers I Made Adnyana dengan materi Sistem Informasi Desa Bagi KIM dan Dasar Jurnalistik.

Perbekel Punggul I Kadek Sukarma mengatakan kegiatan bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik KIM dalam memberikan informasi yang bermanfaat dan positif ke masyarakat. Artinya KIM dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat agar masyarakat mengetahui semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Punggul, sehingga tujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan dapat terwujud. “Dalam hal mengelola sistem informasi di desa selalu dilaksanakan check and balance sehingga informasi yang disuguhkan kemasyarakat akurat dan bisa dipertanggungjawabkan validitasnya, mengingat pengolaan sistem informasi yang baik sangat berguna untuk mendukung pembangunan suatu wilayah,” ungkap Perbekel desa digital ini.

Kasubag dokumentasi dan peliputan I Kadek Edi Putrana mengatakan sudah saatnya, para pengelola media sosial di lembaga pemerintahan memiliki perencanaan dan pengelolaan yang baik dan terukur. Konten-konten yang dibuat oleh lembaga pemerintahan mempunyai tuntutan yang tinggi karena merupakan representasi organisasi. Sebelum mengelola media sosial sebaiknya setiap desa sudah menyiapkan SDM untuk mengelola informasi dan media sosialnya. Dalam sharing dengan KIM Desa ini diharapkan dapat menjawab tantangan dan permasalahan yang biasa terjadi dalam pengelolaan media sosial. “Kami dari Humas Badung juga berharap agar KIM di setiap desa bisa mulai aktif memberikan informasi yang ada di desanya ke masyarakat,” harapnya.

Baca Juga :
Putra Karangasem Raih Medali Emas Sea Game Philipina 2019

Selanjutnya Kasubag Komunikasi dan Pelayanan Pers I Made Adnyana memaparkan tentang tata cara yang berkaitan dengan pengelolaan dan penyampaian informasi ke masyarakat agar sesuai dengan kaidah jurnalistik, sehingga terbentuk opini atau citra positif di masyarakat tentang keberhasilan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa. Media saat ini juga bisa dijadikan fungsi kontrol kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah, serta untuk menumbuhkan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerah atau desa. Mengingat KIM memiliki peran vital sebagai wajahnya desa maka pemberdayaan serta peningkatan kemampuan jurnalistik anggota sangat diperlukan, sehingga apa yang disampaikan kepada masyarakat sesuai fakta dilapangan sekaligus menangkal hoax.

Editor : Whraspati Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.