Modus Penipuan Kenal Keluarga Kembali Terjadi, Uang Persiapan Upacara “Tumpek Landep” Berhasil Dibawa Kabur

Modus Penipuan Kenal Keluarga Kembali Terjadi, Uang Persiapan Upacara “Tumpek Landep” Berhasil Dibawa Kabur

Balinetizen.com, Karangasem

Uang yang sedianya dipakai untuk persiapan upacara ” Tumpek Landep” terpaksa harus direlakan setelah seorang warga Desa Rendang, Karangasem terkena tipu oleh oknum tak dikenal.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, korban bernama Ni Wayan Sri Napet (50) warga Banjar Dinas Muku, Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Awalnya sore ini, Rabu (18/12/2019) sekitar pukul 14.00 wita kedatangan tamu seorang lelaki berperawakan gemuk dengan mengendarai sepeda motor metik.

Saat masuk kedalam rumah, oknum tersebut mengaku senagai teman kerja anaknya, ia disuruh datang kerumah untuk meminta uang karena anaknya sedang mengalami musibah.

Tanpa fikir panjang, uang sebesar Rp. 500 ribu yang sedianya akan digunakan untuk persiapan upacara langsung diberikan kepada pelaku karena khawatir terjadi sesuatu kepada anaknya.

Setelah mendapat uang tersebut, pelaku langsung pergi dari rumah tersebut. Hingga akhirnya tersadar bahwa telah terkena tipu setelah mendapatkan informasi pasti dari anaknya bahwa tidak terjadi sesuatu apapun dan tidak pernah menyuruh seseorang untuk ambil uang kerumah.

Peristiwa penipuan ini dibenarkan oleh Kawil Banjar Dinas Muku, I Wayan Sudiarta ketika dikonfirmasi, “Ya kejadiannya sore ini, sekitar pukul 14.00 wita, Pelaku ini ngaku teman anaknya dan mengatakan disuruh ambilkan uang oleh anak korban yang sedang mengalami musibah,” ujarnya.

Ia juga menghibau kepada warga Banjar Muku khususnya agar selalu waspada dan hati – hati saat menerima tamu yang tidak dikenal datang kerumah terlebih meminta sesuatu.

Kasus penipuan serupa dengan cara mengaku kenal dengan anggota keluarga juga sempat terjadi diwilayah Desa Muncan dan Desa Duda Utara, Selat Karangasem beberapa warga bahkan ada yang menjadi korban pelaku penipuan dengan motif dan ciri – ciri pelaku yang nyaris sama persis tersebut. (Sua)

Baca Juga :
Ada Patung Arjuna Dari Anyaman Bambu Setinggi 8 Meter Di Desa Wisata Pule Bangli

Leave a Comment

Your email address will not be published.