Stok Aman, Jelang Nataru Harga Bawang dan Cabe Naik

 

Balinetizen.com, Jembrana –

 

Jelang hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) persediaan sembako di Kabupaten Jembrana masih aman. Namun demikian sejumlah sembako khususnya untuk kebutuhan sehari-hari mengalami kenaikan.

Pantauan di Pasar Umum Negara Jumat (20/12), komoditi yang mengalami kenaikan yakni bawang merah naik Rp.3.000 dari Rp.25 ribu menjadi Rp.28 ribu perkilogram. Sedangkan cabai merah besar naik Rp.6.000 dari Rp.18 ribu menjadi Rp.24 ribu perkilogram.

Kenaikan juga terjadi pada cabai merah kecil dari Rp.30 ribu, naik menjadi kisaran Rp.35 ribu perkilogram. Sedangkan harga telur yang sebelumnya Rp.1.250 perbutir, kini dijual seharga Rp.1.300 perbutir atau naik Rp.50 perbutir.

Sementara harga bawang putih di Pasar Umum Negara belum mengalami kenaikan. Pedagang masih tetap menjualnya seharga Rp.24 ribu perkilogram. Demikian juga dengan harga daging sapi dan ayam yakni kisaran Rp.120 ribu dan Rp.35 ribu perkilogram. Sedangkan harga beras masih tetap dijual pedagang kisaran Rp.10 ribu hingga Rp.12 ribu perkilogram tergantung jenis dan kualitas beras.

Dari penuturan sejumlah pedagang kenaikan komoditi tersebut sudah terjadi sejak sepekan lalu. “Yang naik bawang merah, lombok besar dan kecil, kalau yang lain tetap. Naiknya kira-kira 6 atau 5 hari lalu” ujar Gusti Putu Adnyana, salah seorang pedagang.

Kadis Koperindag Jembrana, Komang Agus Adinata mengatakan menjelang Nataru secara umum persediaan sembako masih aman, kendati terjadi kenaikan harga dibeberapa komoditi.

“Memang ada kenaikan harga kisaran seribu sampai tiga ribu untuk beberapa komoditi. Tapi yang pasti persediaan sembako masih aman” ujar Agus Adinata, seusai melakukan pemantauan harga di Pasar Umum Negara, Jumat (20/12).

Karena harga sembako masih stabil maka operasi pasar belum dilaksanakan. Operasi pasar akan dilaksanakan jika harga komoditi terus melonjak naik dan berpengaruh terhadap ketersediaan sembako. “Dalam operasi pasar biasanya kami menggandeng Bulog” imbuhnya.

Baca Juga :
Usaha Industri Batok Kelapa Sarimertha Negari Banjarangkan Dinilai Tim Verifikasi 

Pemantauan harga sembako di pasar terbesar di Jembrana, Pasar Umum Negara menjelang Nataru 2019, Dinas Koperindag Jembrana menggandeng pihak kepolisian dan BPOM Loka Buleleng.

 

Pewarta : Komang Tole
Editor : Whraspati Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.